Wapres Ma’ruf Amin Pastikan Buka Pra Kongres Kebudayaan Minahasa

JAKARTA – Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin hari ini menerima audiensi jajaran pengurus Yayasan Pengembangan Kebudayaan Minahasa (YPKM), di Kediaman Resmi Wapres, Jl. Diponegoro No. 2, Jakarta Pusat, Selasa (13/12/2022).

Menurut keterangan Juru Bicara (Jubir) Wapres Masduki Baidlowi, tujuan kedatangan pengurus YPKM adalah mengundang Wapres untuk membuka acara Pra Kongres Kebudayaan Minahasa (KKM) pada Desember 2022 ini.

“Menarik karena organisasi budaya Minahasa ini sudah 20 tahun lebih berdiri dan secara teratur, periodik, melaksanakan berbagai kegiatan kebudayaan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Masduki menuturkan bahwa YPKM selama ini berupaya mengembangkan dan menguatkan budaya daerah untuk kepentingan kebudayaan nasional.

“Wapres merespons dengan baik, karena Wapres sangat mengapresiasi terhadap apa yang disebut dengan local wisdom (kearifan lokal),” ungkapnya.

Sebab, kata Masduki, pada tiap budaya di berbagai daerah di tanah air terdapat kearifan lokal yang sangat bermanfaat sebagai akar kerukunan masyarakat.

“Menurut Wapres, salah satu unsur penting itu adalah nilai-nilai kemanusiaan dan nilai-nilai persaudaraan yang ada di balik dari local wisdom itu,” ujarnya.

Oleh sebab itu, sambung Masduki, Wapres menekankan pentingnya membangun budaya lokal untuk kepentingan budaya nasional khususnya guna merekatkan hubungan persaudaraan antarwarga bangsa.

“Jadi perekatan antara satu budaya dengan budaya yang lain itulah yang menciptakan Indonesia sebagai negara [dan] bangsa yang berlatar belakang budaya yang berbeda-beda, tetapi nilai-nilai persaudaraannya itu tumbuh terikat dengan baik antara satu dengan yang lain,” paparnya.

Untuk itu, menurut Masduki, Wapres sangat mengapresiasi kiprah YPKM dan berjanji akan memenuhi undangan untuk membuka Pra Kongres KKM.

“Wapres insya Allah sanggup menghadiri dan membuka acara Pra Kongres Budaya Minahasa,” pungkasnya.

Hadir pada audiensi ini, Ketua Dewan Pembina YPKM Theo L. Sambuaga, Ketua Dewan Pengawas Daniel F. Poluan, Ketua Dewan Pengurus Berny Tamara, Wakil Ketua Dewan Pengurus Pdt. Treisye Mambo, Sekretaris Dewan Pengurus Tedy A. Matheos, dan Wakil Bendahara Windy Novita Rauf.

Sementara, Wapres didampingi oleh Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Guntur Iman Nefianto, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Velix Wanggai, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, serta Staf Khusus Wapres Bidang Politik dan Hubungan Kelembagaan Robikin Emhas.