Wagub Sumut Dorong Ajang Sumatranomics Sebagai Upaya Pemulihan Ekonomi

ATENSINEWS.COM – Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah mengapresiasi inisiatif Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Sumut bersama dengan Dewan Riset dan Inovasi Sumut, serta ISEI Cabang Medan atas terselenggaranya kegiatan Sumatranomics tahun ketiga.

Menurut Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah, gelaran Sumatranomics ini bentuk komitmen BI Sumut dalam upaya pemulihan ekonomi dan kesiapan menghadapi ketidakpastian ekonomi di masa mendatang.

Hal ini disampaikan Ijeck saat menghadiri Acara Konferensi 3rd Sumatranomics 2022 di Grand Ballroom Hotel JW Marriot, Jalan Putri Hijau, Medan, Kamis (27/10/2022).

“Saya apresiasi inisiatif BI Sumut yang sudah mengadakan kompetisi call for paper atau penulisan karya ilmiah untuk masyarakat umum dan mahasiswa ini,” katanya.

Kegiatan tersebut, harap Ijeck, dapat menghasilkan karya dan rekomendasi kebijakan yang komprehensif kepada pemerintah untuk mendorong perekonomian yang lebih baik di Sumut dan kawasan di sekitarnya.

“Saat ini, Indonesia dan seluruh negara menghadapi gejolak atau ketidakpastian ekonomi secara global di tahun depan dan tahun-tahun selanjutnya. Kita memang harus bersiap dari sekarang, agar lebih siap bila nanti ada krisis ekonomi,” ujarnya.

Ijeck juga turut menyampaikan apresiasinya kepada seluruh peserta yang jumlahnya meningkat, terkhusus yang karyanya keluar sebagai karya terbaik. Ia pun berharap pemenang ini tidak sebatas hanya untuk diumumkan, tapi karyanya dapat dimanfaatkan.

Sementara itu, Kepala Kantor BI Sumut Doddy Zulverdi membenarkan, bila perekonomian global masih diwarnai oleh risiko stagflasi akibat berlanjutnya ketegangan geopolitik.

Namun ditengah situasi global yang tidak kondusif, yang mulai berdampak pada penurunan kinerja ekspor, patut disyukuri bahwa perekonomian Indonesia, termasuk Sumut masih tumbuh cukup tinggi.