Untuk Mencapai Pelayanan Prima Kepada Masyarakat, Yusman Zega : Perlu Dilakukan Diklat Fungsional

ATENSINEWS.COM – Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega, A.Pi.,M.Si mengatakan, untuk mewujudkan Kabupaten Nias Utara yang Maju, Sejahtera dan Berkeadilan, perlu dilakukan pembenahan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Hal itu diungkapkan Yusman saat menyampaikan arahan pada pelaksanaan Diklat Penyelenggaraan Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Fungsional tentang Penilaian Angka Kredit Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara Tahun 2022, bertempat di Taman Naya, Kabupaten Nias Utara, Jumat (28/10/2022).

“Untuk mencapai Visi Nias Utara Maju, Sejahtera dan Berkeadilan serta Misi Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang beriman, sehat dan produktif maka perlu diadakan pendidikan dan pelatihan fungsional tentang penilaian angka kredit di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias Utara,” katanya.

“Keberhasilan pembangunan nasional secara esensial dapat dibentuk oleh sumber daya manusia, bertolak dari situlah pemerintah selalu berusaha meningkatkan pendayagunaan PNS dalam melaksanakan tugas umum pemerintahan dan pembangunan. Salah satu upaya tersebut adalah penentuan jumlah angka kredit yang harus dipenuhi oleh PNS pada jabatan fungsional,” tambah dia.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Nias Utara Toloni Waruwu, SH,M.Si dalam laporannya menyampaikan dasar pelaksanaan Diklat itu sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Nias Utara Nomor 893/232/K/Tahun 2022 Tanggal 08 April 2022 Tentang Pembentukan Panitia pelaksana pendidikan dan Pelatihan Fungsional Tentang Penilaian Angka Kredit di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias Utara Tahun Anggaran 2022.

“Peserta pendidikan dan pelatihan fungsional tentang penilaian angka kredit ini sebanyak 50 orang peserta,” ungkap Toloni Waruwu.

Tujuan pelatihan, lanjut Kepala BKD itu, untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan PNS dalam Penilaian Angka Kredit (PAK) sebagai pembinaan karir kepangkatan dan jabatan pada tiap periode penilaian sesuai ketentuan yang berlaku.

Adapun materi Diklat terdiri dari : Orientasi Pelayanan Pegawai Negeri Sipil yang disampaikan oleh Bupati Nias Utara sebagai narasumber, Profesional Aparatur Sipil Negara oleh Wakil Bupati dengan materi, Jabatan Fungsional Sesuai UU No.5 Tahun 2014 oleh Kepala BKD.

Selanjutnya, materi Penetapan angka kredit jabatan fungsional guru dan Sosialisasi Permenpan dan RB Nomor 13, Nomor 35 dan Nomor 36 tahun 2019 tentang pengusulan, penetapan dan pembinaan Jabatan Fungsional PNS, Perawat dan Bidan oleh BKN Regional VI Medan.

Materi Dupak guru untuk kenaikan pangkat disampaikan Kepala Dinas Pendidikan, dan materi Tata cara penyusunan Angka Kredit jabatan oleh Kepala Dinas Kesehatan.

Pembukaan Diklat itu dihadiri oleh Wakil Bupati Nias Utara, Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Sekretaris Dinas Kesehatan Kab. Nias Utara dan Seluruh Peserta Diklat lainnya.