Terima Laporan Adanya Kesulitan Warga, Dandim 0213/Nias Tinjau Sungai Meafu di Lahewa Timur

Nias Utara. Atensinews.com. Komandan Kodim 0213/Nias Letkol Inf Torang Parulian Malau. S.IP., M.Sc, melaksanakan peninjauan di Sungai Meafu Dusun III Desa Meafu Kecamatan Lahewa Timur Kabupaten Nias Utara. Kamis (16/05/2024).

Kegiatan Ini, turut didampingi oleh Pj. Kades Meafu, Aparat Desa Meafu, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Pemuda dan Babinsa Wilayah Kecamatan Lahewa Timur.

Kegiatan Peninjauan Sungai Meafu, diawali dengan adanya laporan Danramil 05/Lahewa pada Rabu 15/05 kepada Dandim 0213/Nias yang melaporkan adanya laporan tentang kesulitan warga Meafu untuk akses penyebrangan saat musim hujan (banjir) di sungai Meafu belum tersedia.

“ Hari Ini, saya mengecek laporan tersebut dilapangan dan benar adanya. Dari beberapa warga dan adek-adek kita pelajar yang melewati Sungai Meafu ini sangat terkendala disaat musim hujan atau banjir. Aktifitas warga baik, perekonomian maupun pelayanan dasar seperti kesehatan dan pendidikan terhenti menunggu air sungai surut”. Ucap Dandim 0213/Nias

Selain itu, dengan adanya keluhan dan kesulitan warga seperti ini, Kami akan berupaya untuk bekerjasama baik dengan Pemerintahah Daerah Kabupaten Nias Utara, Pimpinan Atas dan juga mencari dengan berkolaborasi  pihak-pihak yang akan membantu saudara-saudara kita disini. Tambah Dandim 0213/Nias

Sementara Pj. Kades Meafu Sukur Setia Gea, mengatakan bahwa dengan tidak adanya akses warga saat musim hujan di Sungai Meafu, aktifitas warga sangat terkendala seperti perekonomian hasil bumi untuk dijual keluar, kegiatan para guru sebagai pengajar, aktifitas para pelajar dan aktifitas warga lainnya menjadi terhenti.

“ Kami mewakili warga Desa Meafu, Menyampaikan bahwa warga sudah lama membutuhkan suatu jembatan sebagai jalan untuk jalannya aktifitas seluruh warga di Sungai Meafu, terlebih saat sungai sedang kondisi banjir dan sungai ini merupakan akses warga kurang lebih 2000 warga yang dilaui dari beberapa desa setiap hari, Kami berharap, adanya suatu jembatan untuk membantu warga Desa Meafu dan warga desa lainnya dalam meningkatkan ekonomi keluarga, aktifitas pelajar dan kesehatan bisa ter’atasi” Harap Kades Meafu (Red)