Tanggapi Permohonan Maaf PM Belanda, Wapres: Tunggu Pengajuan Resmi kepada Pemerintah

NUSA DUA – Sebelum kembali ke Jakarta, usai kunjungan kerjanya di Provinsi Bali, Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin dimintai tanggapan oleh awak media mengenai permintaan maaf Perdana Menteri (PM) Belanda, Mark Rutte, atas perbudakan yang telah dilakukan oleh negaranya terhadap negara-negara yang pernah menjadi koloni di masa lalu.

“Ya kalau dia memang itu (meminta maaf), ajukan saja resmi kepada pemerintah (Indonesia),” jawab Wapres usai melakukan olahraga pagi di kawasan _Indonesia Tourism Development Corporation_ (ITDC), Nusa Dua, Bali, Jumat (23/12/2022).

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, Pemerintah Indonesia akan menindaklanjuti permohonan maaf tersebut apabila telah ada pengajuan resmi dari Pemerintah Belanda kepada Pemerintah Indonesia.

“Nanti pemerintah akan merespons, seperti apa responsnya kan. Pemerintah akan memperbincangkan itu,” terangnya.

“Jadi, kalau tidak jelas, belum resmi, sampaikan saja kepada pemerintah, nanti pemerintah akan merespons seperti apa,” imbuh Wapres.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya PM Belanda, Mark Rutte, pada Senin (19/12/2022) secara resmi meminta maaf atas keterlibatan negaranya dalam perbudakan selama 250 tahun di masa kolonial.

Pemerintah Belanda, melalui PM Rutte mengungkapkan penyesalannya atas perbudakan dan perbuatan tidak manusiawi yang berdampak negatif.

Doakan Kesembuhan Wapres RI ke-6 Try Sutrisno

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Wapres juga menyampaikan rasa simpatinya kepada Wakil Presiden RI ke-6, Try Sutrisno, yang saat ini dikabarkan sedang menjalani perawatan secara intensif di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.

Wapres kemudian turut memanjatkan doa untuk kesembuhan Try Sutrisno yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia periode 1993-1998 ini.

“Saya selalu berdoa untuk beliau,” ungkap Wapres.

Menurut Wapres, Try Sutrisno merupakan sosok kharismatik yang sangat dihormati dan dihargai oleh seluruh kalangan.

“Beliau termasuk senior yang sangat dihormati ya. Semua orang sangat menghargai dan menghormati beliau,” tutur Wapres.

“Mudah-mudahan beliau dipanjangkan umurnya oleh Allah SWT,” pungkasnya.

Hadir mendampingi Wapres dalam keterangan pers ini, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi dan General Manager ITDC The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita.