Sekda Nias Selatan Tegaskan Penggunaan Aplikasi Siskeudes Permudah Pengelolaan Anggaran

NIAS SELATAN – Pada era digitalisasi semua harus menyesuaikan diri termasuk dalam penggunaan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) online untuk mempermudah dalam pengelolaan anggaran desa dari segi efesisensi dan efektivitas waktu yang singkat.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Nias Selatan Ir. Ikhtiar Duha, MM dalam acara launching dan pelatihan penggunaan aplikasi Siskeudes berbasis online di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Jumat (18/11/2022).

Pada tahun 2023 direncanakan ada 150 desa akan dapat menggunakan aplikasi Siskeudes sehingga para Kepala Desa dan Kaur Keuangan yang mengikuti pelatihan ini agar dapat mentransfer kepada desa lain dalam pengelolaan anggaran desa melalui aplikasi tersebut yang bersifat online.

Kepala DPMD Nias Selatan, Albert Duha, SP dalam laporannya menyampaikan pelaksanaan kegiatan ini didasari Surat Keputusan Bupati Nias Selatan tentang penetapan daftar nama desa dalam penggunaan aplikasi Sistem Keuangan Desa berbasis online dengan tujuan untuk memudahkan para aparatur pemerintah desa baik dalam usulan RKPDes, APBDes, laporan realisasi dan pertanggungjawaban setiap akhir tahun yang bersifat online.

Acara launching dan pelatihan penggunaan aplikasi Siskeudes berbasis online turut dihadiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sokhinaso Giawa, SH, Sekretaris DPMD Idha Liniar Maduwu, SH, para pejabat struktural dan beberapa Kepala Desa dan Kaur Keuangan.