Sebagai Tuan Rumah G20, Dua Ribu Lima Ratus Penjor Hiasi Pulau Dewata

ATENSINEWS.COM – Memasuki penghujung bulan Oktober menandakan gelaran akbar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 akan segera berlangsung. Event internasional yang akan dihadiri sejumlah delegasi dari negara-negara anggota G20 tersebut siap hadir di Pulau Dewata pada tanggal 15-16 November mendatang. Kesiapan Bali sebagai tuan rumah pun terus dimatangkan semaksimal mungkin.

Salah satunya seperti menghadirkan nuansa kental khas Pulau Seribu Pura ini dengan memasang penjor, yaitu bilah bambu berhias daun kelapa muda yang umumnya digunakan sebagai pelengkap perayaan umat Hindu saat menyambut hari raya.

Dua ribu lima ratus penjor rencananya akan dipajang dari Bandara I Gusti Ngurah Rai menuju tempat-tempat pelaksanaan kegiatan guna menyambut kedatangan delegasi G20. Pertunjukan seni budaya juga sudah dipersiapkan untuk memeriahkan rangkaian perhelatan ini.

Sementara Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sebagai penanggung jawab keamanan siber, sudah melakukan persiapan untuk mengerahkan para ahli serta peralatan berteknologi tinggi untuk keamanan siber selama KTT G20 berlangsung. Aspek lain seperti infrastruktur juga ikut ditingkatkan melalui perbaikan-perbaikan pada fasilitas yang akan digunakan, seperti bandara, jalan pintas sebagai akses penghubung, serta tempat pelaksanaan KTT G20 di Nusa Dua.

Dari segi transportasi, sejumlah 1.452 kendaraan listrik yang terdiri dari mobil listrik, motor listrik, dan bus listrik, sudah tersedia di Bali untuk mendukung operasional di KTT G20. Tidak lupa juga, sebanyak 70 unit ultra fast charging SPKLU dan 200 unit home charging juga sudah terpasang di area penyelenggaraan KTT G20 Indonesia.

Selaras dengan pemerintah yang terus berbenah demi kelancaran pelaksanaan KTT G20 nanti, antusias masyarakat lokal juga sangat terasa. Masyarakat dengan senang hati melakukan aktivitas perkantoran hingga proses belajar mengajar di rumah selama rangkaian KTT G20 berlangsung sesuai anjuran pemerintah, sebagai salah satu kontribusi menghidupkan kembali perekonomian dan pariwisata Bali setelah terhantam pandemi.

Kesempatan Indonesia menampilkan pesona terbaiknya pada seluruh dunia kini sudah semakin dekat, ayo beri sambutan hangat dan dukung kelancaran KTT G20. Tunjukkan bahwa bumi ibu pertiwi memiliki ramah-tamah warga yang juara!