Sambut Bulan Suci Ramadhan, Rutan Medan Buka Pelatihan Da’i dan Punggahan

Medan, AtensiNews.com
Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445H/ 2024 dan dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 tahun, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Medan Kanwil Kemenkumham Sumut, buka kegiatan Pelatihan Da’i dan Punggahan. Sabtu (09/03).

Bertempat di Aula Sahardjo Rutan I Medan, kegiatan pelatihan ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumut, dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan, dan Teknologi Informasi, Soetopo Berutu, Kepala Rutan Kelas I Medan, Nimrot Sihotang, perwakilan dari Kementerian Agama Kota Medan, Suriadi. S.AG. S.PD.I dan Ustad Juaini Baharuddin.MA.

Dengan mengusung tema “Jadikan bulan Ramadhan sebagai momentum melatih kesabaran, menggapai ketakwaan, dan mensyukuri nikmatnya dengan saling berbagi”, Karutan I Medan, Nimrot Sihotang, dalam arahannya menyampaikan, “Saya berharap dengan adanya kegiatan ini saudara-saudara saya semua yang mengikuti nya nanti sesuai dengan tujuan kita bisa menjadi da’i-da’i yang baru dimana saudara-saudara sampai saat ini Rutan dan Lapas masih di opini kan sebagai tempat yang kurang baik, untuk itu saya mengajak saudara-saudara agar kita berkontribusi bagaimana merevolusi pandangan itu, sehingga kedepan kita sama dengan manusia yang diluar, sesuai dengan prinsip dan azas pemasyarakatan, kegiatan ini semoga bisa memberikan bekal hidup bagi saudara-saudara kami sehingga kedepan bisa berintegrasi dengan masyarakat secara mandiri.” Ujar Nimrot.

Karutan juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh peserta, kepada Kantor Urusan Agama dan Kantor Wilayah sehingga kegiatan ini dapat berjalan. “Saya atas nama pimpinan mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta dan juga dari kantor urusan agama dan dari kantor wilayah sehingga kegiatan ini dapat berjalan, akhir kata keluarga besar Rutan Kelas I Medan Kanwil Kemenkumham Sumut mengucapkan Marahaban Ya Ramadhan, Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1445 H.” Tutup Nimrot.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta pelatihan dan seragam peserta pelatihan oleh Karutan serta acara Punggahan yaitu makan bersama warga binaan dengan Petugas Rutan, saling bermaaf-maafan dan doa bersama.
Humas Rutan Kelas I Medan.

(A.Gulo)