Resmi Jadi Pj Bupati Sumedang, Berikut Profil Lengkap Direktur BUMD, BLUD dan BMD Yudia Ramli

Bandung, AtensiNews.com– Direktur Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dan Barang Milik Daerah (BMD) Yudia Ramli resmi menjadi Penjabat (Pj) Bupati Sumedang.

Yudia yang juga menjabat Pelaksana Harian (Plh.) Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dilantik Pj. Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat (Jabar), Sabtu (20/4/2024).

Tugas tambahan yang diberikan kepada dirinya membuat Yudia Ramli semakin bersemangat untuk mengabdi di dunia birokrat. Saat ditemui seusai pelantikan, dirinya menegaskan bahwa tugas yang diberikan merupakan amanah yang harus dilaksanakan penuh tanggung jawab, demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sumedang.

“Saya siap melaksanakan tanggung jawab yang diberikan oleh Bapak Presiden sebagai Pj. Bupati Sumedang. Mari kita lanjutkan dan tuntaskan berbagai program prioritas di tahun 2024 ini,” tegas Yudia.

Lebih lanjut, Yudia menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kinerja para pendahulu yang telah memimpin Kabupaten Sumedang dengan baik. Dengan penuh dedikasi, kata Yudia, mereka telah membuat Kabupaten Sumedang mampu mengukir sederet prestasi dan meraih beragam penghargaan.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada Bupati dan Penjabat Bupati Sumedang sebelumnya atas prestasi dan kinerja yang baik,” jelasnya.

Karena itu, dirinya berkomitmen melanjutkan semua program prioritas dan mengajak seluruh stakeholder, termasuk media massa, untuk memajukan Kabupaten Sumedang menjadi semakin baik.

“Kami lakukan, dan kami mengajak kepada semua stakeholder dan insan pers terutama, mari kita majukan Kabupaten Sumedang agar semakin jaya,” pungkasnya.

Dalam perjalanannya menjadi Pj. Bupati Sumedang, praktis nama Yudia tidak pernah terdengar di kalangan media. Namun siapa sangka, Plh juru bicara Menteri Dalam Negeri (Mendagri) ini berhasil terpilih dan diberikan kepercayaan oleh Presiden untuk memimpin 1,1 juta masyarakat Kabupaten Sumedang.

Bagi masyarakat Sumedang yang penasaran terhadap sosok Pj. Bupati Sumedang Yudia Ramli, berikut profil lengkapnya.

Hampir seluruh masa muda Yudia Ramli dihabiskan di Jawa Barat. Putra asli Sunda ini mengawali sekolah SD, SMP, hingga SMA di Kabupaten Bandung, tepatnya di SD Negeri II Cilampeni 1982, SMP Negeri I Ketapang 1985, dan SMA Negeri 6 1988.

Setelah lulus SMA, dirinya langsung melanjutkan kuliah di IAIN Sunan Gunung Djati di Kota Bandung dengan mengambil jurusan dakwah dan lulus pada tahun 1992.

Merasa belum cukup menguasai ilmu dakwah, Yudia juga memperdalam ilmu bahasa asing khususnya bahasa Inggris. Tidak tanggung-tanggung, dirinya melanjutkan pendidikan di Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Yapata di Kabupaten Bandung dan lulus pada tahun 1994.

Tak sampai di situ, Yudia Ramli kemudian memilih untuk melanjutkan pendidikan jenjang magister di Yogyakarta tepatnya di Universitas Gadjah Mada (UGM) jurusan Ilmu Administrasi Publik dan lulus pada tahun 2004.

Bekal pendidikan yang lengkap membuatnya percaya diri untuk melenggang menjadi birokrat di Jakarta.

Sebagai seorang birokrat di Kemendagri, dirinya telah menempuh berbagai pendidikan dan pelatihan (Diklat). Mulai dari diklat kewirausahaan yaitu teknologi industri kecil konveksi, diklat pengembangan ekonomi dan usaha di daerah, diklat e-government, diklat pengadaan barang dan jasa pemerintah, digital leadership academy (DLA), hingga diklat menjaga netralitas ASN dalam Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024.

Tak hanya diklat, Yudia juga tercatat telah mengikuti berbagai seminar. Mulai dari seminar membangun soliditas dan solidaritas PNS dalam memperkuat birokrasi, seminar pembangunan SDM Aparatur Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, hingga seminar pengembangan literasi digital bagi ASN.

Dalam perjalanan kariernya di Kemendagri, Yudia tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan. Hal itu di antaranya Kepala Subdirektorat (Kasubdit) Identifikasi Potensi Bencana pada tahun 2010, Kasubdit Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan 2011, Kasubdit Fasilitasi Kecamatan 2014, Kepala Bidang Kerja Sama Dalam Negeri 2015, serta Kasubdit Fasilitasi Pelayanan Umum pemerintahan 2018.

Kariernya terus menanjak sampai pada tahun 2020 hingga 2021, dirinya dipercaya menjadi Kepala PPSDM Regional Bandung.

Namanya semakin didengar masyarakat setelah pada tahun 2021 hingga 2023 dipercaya untuk menduduki jabatan sebagai Sekretaris Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Kemudian pada Agustus 2023 dipercaya menduduki jabatan Direktur BUMD, BLUD dan BMD. Terakhir, Yudia dipercaya mendampingi Mendagri sebagai Plh. Kapuspen sejak Oktober tahun 2023 hingga saat ini.

Berkat kinerjanya yang bertanggung jawab dan disiplin, pada tahun 2024 putra asli Jabar ini akhirnya pulang kampung untuk membangun tanah kelahirannya sebagai Pj. Bupati Sumedang.

(Iding)