Pemko Gunungsitoli Gelar Forum Perangkat Daerah RKPD 2024

GUNUNGSITOLI – Dalam rangka mempertajam indikator serta target kinerja program Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2024, Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbang) Kota Gunungsitoli menggelar Forum Perangkat Daerah. Forum tersebut dibuka secara resmi oleh Wali Kota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua, bertempat di Ruang Rapat 3 Lt. II Kantor Wali Kota Gunungsitoli, Rabu (22/02/2023)
Dalam sambutannya, Wali Kota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua menyampaikan Forum Perangkat Daerah merupakan forum strategis bagi seluruh Perangkat Daerah untuk membahas dan menyepakati secara objektif RKPD dengan memperhatikan hasil-hasil Musrenbang Kecamatan dan pokok-pokok pikiran DPRD untuk memperoleh masukan dalam rangka penajaman usulan prioritas pembangunan daerah.
Lanjutnya, Wali Kota menyampaikan arah kebijakan pembangunan daerah tahun 2024 sebagaimana termuat dalam Rencana Pembangunan Jarak Menengah Daerah (RPJMD) Kota Gunungsitoli adalah peningkatan sumber daya manusia serta pemantapan tata kelola pemerintahan berbasis digital yang bersaing untuk meningkatkan mutu pembangunan daerah. Selanjutnya arah kebijakan pembangunan difokuskan untuk pembangunan manusia bidang pendidikan dan kesehatan, pembangunan sektor ekonomi berbasis potensi lokal, peningkatan infrastruktur strategis daerah dan peningkatan birokrasi dan tata kelola pemerintahan yang berbasis digital.
“Saya berharap, melalui forum ini agar usulan prioritas pembangunan dapat diboboti berdasarkan arah kebijakan, tema dan fokus pembangunan kota Gunungsitoli tahun 2024 sehingga menjadi hasil rumusan kesepakatan yang akan diimplementasikan dalam bentuk prioritas pembangunan pada rencana kerja masing-masing Perangkat Daerah, dan lebih lanjut dibahas dalam musyawarah perencanaan pembangunan serta menjadi bahan pemutakhiran RKPD Kota Gunungsitoli tahun 2024,” Jelas Wali Kota
Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbang) Kota Gunungsitoli Karya S Bate’e S.STP.,MAP dalam laporannya menjelaskan Musrenbang tingkat Desa/Kelurahan dan Kecamatan yang telah terlaksana pada Bulan Januari s/d Minggu ke-2 Bulan Februari Tahun 2023 menghasilkan rumusan usulan prioritas pembangunan yaitu antara lain Kecamatan Gunungsitoli sebanyak 45 usulan, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi sebanyak 40 usulan, Kecamatan Gunungsitoli Selatan sebanyak 35 usulan, Kecamatan Gunungsitoli Utara sebanyak 30 usulan, Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa sebanyak 30 usulan dan Kecamatan Gunungsitoli Barat sebanyak 30 usulan.
Masih disampaikannya, tujuan pelaksanaan Forum Perangkat Daerah Tahun 2024 adalah menyelaraskan program, kegiatan dan sub kegiatan pada Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah dengan usulan program, kegiatan dan sub kegiatan hasil kesepakatan Musrenbang Kecamatan dan pokok-pokok pikiran DPRD Kota Gunungsitoli, Mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan Perangkat Daerah sesuai dengan tugas dan fungsi Perangkat Daerah dan Menyelaraskan program kegiatan dan sub kegiatan antar Perangkat Daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinegritas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah.
Melalui Forum tersebut juga disosialisasikan upaya mengurangi penggunaan kertas dan sampah plastik dengan tidak membagikan materi dalam bentuk kertas tetapi dalam bentuk digital yang dapat diunduh dengan memindai kode yang telah disediakan. Selain itu para peserta juga tidak disediakan air mineral dalam kemasan, namun telah disediakan tempat air minum isi ulang sesuai dengan pemberitahuan yang sebelumnya telah disampaikan dalam surat undangan. Pelaksanaan Forum Perangkat Daerah dilaksanakan 3(tiga) hari dimulai pada tanggal 22 s/d 24 Februari 2023.
Turut hadir Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli Drs. Oimonaha Waruwu, Para Staff Ahli, Kepala OPD Lingkup Pemko Gunungsitoli, Ketua TP-PKK Kota Gunungsitoli Ny. Tini Lakhomizaro Zebua, Camat/Lurah se-Kota Gunungsitoli, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama dan Lainnya. (YH)