Pemko Gunungsitoli Gelar Festival Kreatifitas Seni dan Budaya

GUNUNGSITOLI – Festival Kreativitas Seni dan Budaya Kota Gunungsitoli Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Gunungsitoli resmi ditutup oleh Wakil Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, SE.,M.Si, yang diselenggarakan di Taman Ya’ahowu Kota Gunungsitoli, Sabtu (26/11/2022)

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Gunungsitoli menyampaikan penyelenggaraan kegiatan festival kreatifitas seni dan budaya dilakukan untuk menggali kreatifitas seni di seluruh tingkatan terutama anak-anak sekolah.

“Saya berharap kiranya sekolah-sekolah di Kota Gunungsitoli tetap terus meningkatkan potensi-potensi kreatifitas dan terus memunculkan inovasi-inovasi baru sehingga dapat memberikan dampak yang baik bagi pengembangan karakter dan jiwa seni pelajar di Kota Gunungsitoli. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut ambil bagian dalam festival ini kiranya kegiatan-kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan setiap tahun guna mengasah dan mengembangkan seni para pelajar di Kota Gunungsitoli, ” ucapnya mengakhiri.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Gunungsitoli Ir. Nur Kemala Gulo dalam laporannya menyampaikan penutupan festival kebudayaan daerah yang dikemas dalam bentuk festival kreatifitas seni dan budaya Kota Gunungsitoli mengangkat tema “Tarorogo Gondroita Zatua”

Pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka perlindungan dan pemanfaatan budaya Kota Gunungsitoli dalam rangka menumbuhkan, memelihara, menjaga dan sekaligus melestarikan budaya daerah. Lomba ini telah diikuti oleh seluruh sanggar, baik itu sanggar dari sekolah SMP,SMA,SMK dan juga sanggar yang dikelola oleh pelaku-pelaku seni di Kota Gunungsitoli. Untuk lomba maena ada 12 (dua belas) kelompok yang mengikuti lomba, dan yang masuk final ada 6 (enam) kelompok. Sementara itu untuk inovasi musik ada 6 (enam) kelompok yang ikut lomba dan yang masuk babak final ada 3 (tiga) kelompok. Selanjutnya untuk lomba mural ada 14 (empat belas) kelompok yang mengikuti lomba.

Kegiatan penutupan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba. Turut hadir Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli Drs. Oimonaha Waruwu.