Pemkab Nisut Laksanakan Sosialisasi Ibu Siaga Bencana

ATENSINEWS.COM.|KABUPATEN NIAS UTARA –Pemerintah Kabupaten Nias Utara melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah melaksanakan Sosialisasi Ibu Siaga Bencana (INASIGA), bertempat di TC Osseda Jl. Gowe Zalawa Desa Fadoro Fulolo, Jumat (09/12/2022).

Kepala Pelaksana Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Yasokhi Hulu, SE menyampaikan bahwa Sosialisasi INASIGA merupakan salah satu inovasi BPBD pada tahun 2022 yang merupakan inovasi dalam penanggulangan bencana.

Dasar pelaksanaan sosialisasi INASIGA yaitu berdasarkan UU Republik Indonesia No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, Peraturan Pemerintah No. 21 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana, Peraturan Daerah Kabupaten Nias Utara No. 15 Tahun 2013 tentang Penanggulangan Bencana, dan Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran BPBD Kabupaten Nias Utara Tahun 2022.

Ka. BPBD juga menyampaikan bahwa sesuai dengan arahan Bapak Presiden Republik Indonesia maka untuk penanggulangan bencana tidak hanya fokus pada pelaksanaan dan penanganan darurat tetapi lebih fokus pada kesiapsiagaan sehingga dapat meminimalisir resiko bencana.

Lanjutnya, adapun maksud dan tujuan dari pelaksanaan sosialisasi ini merupakan untuk menambah wawasan masyarakat tentang bagaimana menghadapi bencana yang akan terjadi sehingga ada kesiapsiagaan serta tahu apa yang akan dilakukan ketika terjadi bencana, dan juga sebagai tahapan pembentukan persiapan keluarga dalam menghadapi bencana serta meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan terhadap bencana, jelas Yasokhi.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara Bazatulo Zebua, SE.M.Ec.Dev, mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelengara sosialisasi INASIGA serta seluruh peserta sosialisasi INASIGA sehingga ibu-ibu yang mengikuti sosialisasi ini dapat menjadi fasilitator bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Nias Utara dalam penanggulangan bencana.

Sekda juga menyampaikan bahwa sosialisasi INASIGA ini merupakan langkah-langkah untuk penataan dan perencanaan yang matang dalam penanggulangan setiap bencana yang akan terjadi sehingga penanggulangan bencana dapat terlaksana secara terarah dan terpadu dengan kerjasama yang baik dari Pemerintah Daerah, masyarakat dan dari berbagai pihak termasuk *media* dalam memberikan informasi tentang penanggulangan bencana serta informasi tentang daerah potensi bencana.

Selain itu, Sekda berharap Inovasi yang dihasilkan oleh BPBD ini bisa benar-benar bermanfaat di Kabupaten Nias Utara sehingga kita semua bisa lebih siap siaga bila terjadi bencana seperti gempa bumi ataupun bencana banjir di Kabupaten Nias Utara.(ad)