Pemkab Nias Utara Prioritaskan Penguatan Ekonomi Masyarakat Melalui UMKM

ATENSINEWS.COM – Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Koperasi Usaha Kecil Menengah Agusman Zebua, M.Pd mengatatakan, Pemerintah Kabupaten Nias Utara memprioritaskan penguatan ekonomi masyarakat melalui UMKM.

 

“Pemerintah Daerah mendorong penguatan ekonomi masyarakat Nias Utara melalui UMKM,” kata Agusman Zebua pada pelaksanaan pelatihan UMKM yang dilaksanakan di TC Osseda Jl. Gowe Zalawa Desa Fadoro Fulolo Kabupaten Nias Utara, Rabu, (12/10/2022).

 

“Upaya ini menjadi bukti komitmen Pemerintah Daerah untuk pembangunan ekonomi masyarakat yang telah mengalami penurunan selama pandemic covid-19,” tambahnya.

 

Pelatihan kewirausahaan itu, jelas Agusman, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan peserta pelatihan terkait kewirausahaan secara digital sehingga dapat berkompetisi di era globalisasi.

 

“Harap kepada seluruh peserta yang berjumlah 50 orang dapat mengikuti pelatihan ini dengan seksama hingga selesai sekaligus dapat memantau UMKM yang telah memanfaatkan berbasis digital dalam berwirausaha,” harap Kepala Dinas Ketenaga Kerjaan Nias Utara.

 

“Selama ini terdapat pelaku UMKM yang masih gaptek (gagap teknologi),” cetusnya.

 

Dalam arahannya, Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega, A.Pi., M.Si menyampaikan mayoritas pelaku usaha yang ada di Kabupaten Nias Utara belum memanfaatkan kemajuan teknologi.

 

“Rata-rata pelaku usaha di Nias Utara sudah punya perangkat android! Namun dalam menjalankan usahanya masih menggunakan metode konvensional,” ujarnya.

 

Yusman mengatakan, pelaku usaha harus dapat mempertahankan usahanya serta dapat memanfaatkan peluang teknologi digital dalam bisnis untuk memperoleh pendapatan dan meningkatkan performa bisnis.

 

“Pelaku usaha harus tetap berhati-hati dalam menjalankan usaha, utamakan pelayanan prima kepada konsumen” harapnya.

 

Wakil Bupati Nias Utara itu menegaskan, peserta pelatihan dapat dibekali oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Koperasi Usaha Kecil dalam menjalankan usahanya secara nyata, baik dalam pemasaran, manajemen keuangan maupun manajemen pegawai berbasis digital.

 

Di akhir sambutannya, Wakil Bupati Nias Utara itu membuka secara resmi pelatihan peningkatan kapasitas pelaku UMKM dengan thema “wirausaha baru berbasis digital” di Kabupaten Nias Utara TA. 2022.

 

Hadir pada pelatihan itu, Wakil Bupati Nias Utara, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara, Dinas Kominfo Kab. Nias Utara, Narasumber, ASN dan THL Dinas Ketenagakerjaan dan Koperasi Usaha Kecil Menengah Kabupaten Nias Utara, dan Peserta Pelatihan.