Pemkab Nias Selatan Ikuti Rakotek Nasional Penurunan Stunting Tahun 2022

NIAS SELATAN – Dalam membungun komitmen bersama dan meningkatkan koordinasi dalam pelaksanaan konvergensi percepatan penurunan stunting, Sekretariat Wakil Presiden melakukan Rapat Koordinasi Teknik (Rakotek) nasional percepatan penurunan stunting secara daring yang diikuti Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Selatan di Lantai 2 Aula Kantor Bupati, Senin (5/12/2022).

Deputi Bidang Kebijakan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Setwapres, Dr. Ir. Suprayoga Hadi, M.S.P sekaligus membuka secara resmi Rakotek tersebut mengatakan berdasarkan Pepres Nomor 72 Tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting yang merupakan penegasan prevalensi penurunan stunting sebesar 14 % di tahun 2024.

Selanjutnya, Suprayoga Hadi juga menjelaskan bahwa salah satu permasalahan yang dihadapi saat ini
Adalah besarnya jumlah anak yang mengalami kekurangan gizi (stunting). Melalui tema Rakotek tahun ini yakni “pemantapan konvergensi untuk percepatan penurunan stunting”:diharap komitmen yang sudah terbangun antara pemerintah pusat dan daerah dapat terus dilanjutkan dan ditingkatkan.

Aksi konvergensi bisa terjadi apabila ada ; (1) komitmen pemerintah, dukungan politik dan kebijakan yang mendorong pelaksanaan aksi yang sesuai dengan kebutuhan dan kontekstual. (2) sinergi dalam tata kelola dan keterlibatan antar lembaga pemerintah dan para mitra. (3) dukungan sumber daya yang berkesinambungan dan memadai dari segi kuantitas dan kualitas untuk penyelenggaraan program dan pemantauanya.

Dari penyelenggaraan Rakotek Nasional ini diharapkan dapat mengasosiasikan rumusan aksi nyata percepatan penurunan Stunting baik ditingkat Provinsi maupun Kabupaten dan Kota, agar target penurunan prevalensi Stunting hingga 14 % pada tahun 2024 bisa tercapai.