Pemerintah Kota Gunungsitoli merayakan Hari Jadi Kota Gunungsitoli yang ke-345 Tahun 2023 bertempat di Lapangan Merdeka

Gunungsitoli | Atensinews.com –  Pemerintah Kota Gunungsitoli merayakan Hari Jadi Kota Gunungsitoli yang ke-345 Tahun 2023 bertempat di Lapangan Merdeka, Kota Gunungsitoli. Kamis (06/04/2023). Acara diawali dengan Sidang Paripurna DPRD dilanjutkan dengan pawai berjalan kaki menuju Lapangan Merdeka, Kota Gunungsitoli.
Wali Kota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua dan Wakil Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli SE.,MSi menghadiri kegiatan Rapat Paripurna dengan agenda Peringatan Hari Jadi Kota Gunungsitoli Ke-345 Tahun 2023 dengan mengusung tema “Gunungsitoli Unggul”. Rapat Paripurna dibuka oleh Wakil Ketua DPRD Herman J. Harefa.
Dalam sambutannya Wali Kota menyampaikan bahwa Peringatan Hari Jadi Kota Gunungsitoli yang ke-345 merupakan momentum yang tepat untuk melihat apa yang telah dicapai dalam membangun Kota Gunungsitoli sehingga dapat menjadi bagian evaluasi bagi stakeholder atas mandat yang telah dipercayakan oleh masyarakat.
Disampaikannya beberapa gambaran umum pencapaian makro ekonomi Kota Gunungsitoli Tahun 2022 yaitu :
• Indeks Pembangunan Manusia Kota Gunungsitoli meningkat sebesar 70,23 dibandingkan tahun 2021 sebesar 69,61 poin
• Pertumbuhan Ekonomi Kota Gunungsitoli meningkat sebesar 3,11 % dibandingkan tahun 2021 sebesar 2,25 %
• Persentase Kemiskinan Kota Gunungsitoli menurun sebesar 14,81 % dibandingkan tahun 2021 sebesar 16,45 %
• Tingkat Pengangguran Terbuka Kota Gunungsitoli menurun sebesar 3,65 % dibandingkan tahun 2021 sebesar 4,80 %
• Inflasi Kota Gunungsitoli sepanjang tahun 2022 sebesar 5,74 %, lebih tinggi bila dibandingkan dengan inflasi nasional pada tahun yang sama yaitu 4,73 %
“Tema Hari Jadi Kota Gunungsitoli ke-345 Tahun 2023 yaitu “Gunungsitoli Unggul”. Tema ini menggambarkan harapan kita bersama, bahwa persiapan dalam menghadapi era persaingan global serta menyambut generasi unggul dan kompetitif. Kami menyadari bahwa banyak harapan-harapan masyarakat terhadap pembangunan yang belum sepenuhnya dapat kita wujudkan, masih terdapat layanan publik yang perlu senantiasa terus dioptimalkan. Hal ini tentu akan menjadi perhatian utama kita dalam melakukan perbaikan pada masa yang akan datang melalui peningkatan kerjasama yang baik, hubungan yang harmonis, dan sinergitas diantara lembaga pemerintah daerah dan DPRD Kota Gunungsitoli,”tutup Wali Kota mengakhiri.
Sementara pada acara perayaan di Taman Ya’ahowu, Wali Kota menyampaikan bahwa Peringatan Hari Jadi Kota Gunungsitoli sejatinya tidak hanya sebatas seremonial belaka, akan tetapi harus mampu menemukan rasa memiliki yang kuat sehingga menjadi semangat untuk bahu membahu, membangun dan memajukan Kota Gunungsitoli.
Dijelaskannya, pada tahun 2022 dari 8 (delapan) indikator kinerja utama daerah terdapat 6 (enam) indikator sudah tercapai, dan dari 103 indikator kinerja daerah terdapat 78 indikator yang sudah tercapai dengan rata-rata capaian sebesar 75,73 %. Indikator kinerja utama dan indikator kinerja daerah yang tidak tecapai, telah dilaksanakan namun tidak mencapai target sebagaimana yang tertuang dalam RPJMD Kota Gunungsitoli tahun 2021-2026. Demikian juga janji politik kepala daerah yang dituangkan dalam RPJMD Kota Gunungsitoli dalam bentuk program unggulan, dari 65 janji politik terdapat 63 janji politik yang telah dan terus dilaksanakan.
“Peringatan Hari Jadi Kota Gunungsitoli yang ke-345 ini merupakan momentum yang tepat untuk melihat apa yang telah kita capai dalam membangun kota ini sehingga dapat menjadi bagian evaluasi bagi pemangku kepentingan atas mandat yang telah dipercayakan oleh masyarakat. Kita patut mensyukuri bahwa hingga saat ini proses penyelenggaraan pemerintahan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat telah terselenggara dengan baik dan hasil pembangunan telah membawa perbaikan dalam berbagai dimensi kehidupan masyarakat,” ujar Wali Kota.
Acara dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada para juara Olimpiade Sains Nasional (OSN) se-Kota Gunungsitoli untuk mata pelajaran Matematika, IPA dan IPS pada jenjang SMP serta mata pelajaran Matematika, penyerahan penerima tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya PNS di Lingkup Pemko Gunungsitoli Tahun 2022, penyerahan bantuan sosial kepada penyandang disabilitas anak terlantar dan lanjut usia, tarian nusantara, marching band, penampilan juara lomba Gunungsitoli Fashion Carnaval dan diakhiri dengan pemotongan kue ulang tahun.
Turut Hadir Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli Drs. Oimonaha Waruwu, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Pdt. Berkat Kurniawan Laoli, S.Pd, Para Anggota DPRD Kota Gunungsitoli, Unsur Forkopimda Kota Gunungsitoli, Staf Ahli, Asisten dan Seluruh Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemko Gunungsitoli, Ketua TP-PKK Kota Gunungsitoli Ny. Tini Lakhomizaro Zebua bersama Ketua 1 TP-PKK Kota Gunungsitoli Ny. Veni Sowa’a Laoli, Camat se-Kota Gunungsitoli, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan para hadirin.
Juli Berkat Bate’e