PEMERINTAH KABUPATEN NIAS UTARA TERIMA KUNJUNGAN KERJA MENTERI KESEHATAN RI

NIAS UTARA – Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin melaksanakan Kunjungan Kerja di Kabupaten Nias Utara. Adapun agenda kerja yang dilakukan Menteri Kesehatan yakni  mengunjungi Rumah Sakit Pratama Nias Utara dan UPT Puskesmas Lotu serta melaksanakan pertemuan dengan jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara yang dilaksanakan di Aula Pendopo Bupati Nias Utara, jumat (17/02/2023)
Pemerintah Daerah menyadari bahwa saat ini salah satu tantangan yang dihadapi adalah di Bidang Kesehatan, karna ini merupakan factor penting dalam menyukseskan pembangunan di wilayah Kab. Nias Utara sehingga pemerintah saat ini telah menjadikan pembangunan bidang kesehatan sebagai prioritas pembangunan.
Bupati juga mengusulkan secara langsung  kepada Menteri Kesehatan RI untuk dapat membantu Pemda Nias Utara dalam menyelesaikan masalah dibidang kesehatan antar lain, mengusulkan untuk membangun 2 unit gedung Puskesmas yaitu Puskesmas Alasa dan Lahewa, Pembangunan gedung dan pengadaan Alkes Posyandu Prima (Pustu) berjumlah 74 unit, peningkatan pembangunan dan Alkes di RS Pratama  Nias Utara, Penempatan Dokter Spesialis (Internist, Obsgyn, Patologi Klinik, Anesthesi, dan Radiologi sehingga kedepan RS Pratama bisa naik status menjadi RS Kelas D serta berharap kedepan ada Beasiswa kepada putra-putri Nias Utara untuk bisa  disekolahkan di jurusan kedokteran dan Dokter Gigi.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam arahannya berjanji akan terus membantu Kab. Nias Utara di Bidang Kesehatan, untuk tahun ini Kementrian kesehatan RI menguncurkan dana sebesar 85 Milyar Rupiah untuk Kab. Nias Utara dengan rician untuk pembangunan fisik  sebesar 70 Milyar Rupiah dan Nonfisik sebesar 15 Milyar Rupiah.
Dalam hal membantu Sumber Daya Manusia di bidang kesehatan, Kementrian kesehatan RI mempunyai program beasiswa 2.000 orang pertahun untuk di sekolahkan di jurusan Kesehatan, dan khusus Nias Utara kedepan Menteri memberikan peluang kepada Pemda Nias Utara untuk menyiapkan Putra-Putri Daerah terbaik untuk di sekolahakan di Jurusan Kedokteran dan Dokter Gigi melalui beasiswa Kementrian Kesehatan.
Hadir pada kegiatan tersebut, Kadis Kesahatan Provinsi Sumut dr. Alwi Mujahit Hasibuan M.Kes, Bupati dan Wakil Bupati Nias Utara, Kapolres Nias, Pimpinan dan Anggota DPRD Nias Utara, Rombongan Kementrian Kesehatan RI yakni  Kepala Pusat Sistem dan Strategi Kesehatan Indri Yogyaswari, Asisten Menkes Kiki Putera Komajaya, Staf Tim Kerja Pelayanan Rujukan Luh Komang Mela Dewi, Staf Tim Stunting (Ditjen Kesmas) Yuni Zahraini, Sekda, Staf Ahli, Asisten, Kepala Perangkat Daerah, Kabag Lingkup Setda, Camat se-Kab. Nias Utara, Direktur RS Pratama, Kepala UPT Puskesmas se-Kab. Nias Utara. (YH)