Pemerintah Desa Lasara Sowu Laksanakan Pelatihan K3 Bagi Masyarakat Penggali Batu

GUNUNGSITOLI – Akibat tingginya angka kecelakaan kerja yang terjadi bagi pekerja tambang galian C di Desa Lasara Sowu, Pemerintah Desa melaksanakan Pelatihan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) bertempat di Gedung Gereja BNKP Ulu Afia, Kamis (22/12/2022).

Pelatihan yang dilaksanakan selama sehari itu, diikuti oleh 50 orang peserta yang berasal dari masyarakat pekerja tambang galian C.

Dalam sambutannya, Pj. Kepala Desa Lasara Sowu Fentariagus Harefa mengatakan, pihaknya sangat prihatin terhadap masyarakat pekerja tambang galian C di Desa Lasara Sowu.

“Saya merasa prihatin dengan Bapak/Ibu pekerja tambang galian batu. Pekerjaan ini sangat berbahaya! Sampai ada tiga orang korban jiwa,” ungkapnya dihadapan peserta pelatihan.

Dia pun menghimbau seluruh peserta untuk berhati-hati saat bekerja, dan tetap memperhatikan kesehatan dan keselamatan.

“Ikutilah pelatihan ini dengan baik. Semua materi yang disajikan oleh narasumber bertujuan untuk menciptakan keamanan dan keselamatan bapak/ibu,” terang dia.

Sementara, ketua BPD Lasara Sowu Arotani Ziliwu dalam sambutannya mengharapkan agar Pemerintah memberikan perhatian serius terhadap masyarakan pekerja tambang galian C di Desa Lasara Sowu.

Pada kesempatan itu, Doni Sinaga dari Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli saat menyajikan materi pelatihan mengatakan, para pekerja tambang untuk melaksanakan K3 serta harus menggunakan Alat Pelindung diri (APD) saat akan melakukan pekerjaannya.

Selain itu, ia juga mengingatkan bahwa kecelakaan yang dialami pekerja tidak hanya menimbulkan korban jiwa, tetapi dapat menimbulkan kerugian material.

Usai kegiatan selesai, Pemerintah Desa Lasara Sowu menyerahkan 1 unit gerobak sorong dan 1 pasang sepatu bot kepada masing-masing peserta.