Peduli Anak Yatim: WGAB Madina Berikan Santunan Menjelang Bulan Suci Ramadhan

Mandailing Natal – Atensinews.com.
Kepekaan sosial yang tinggi beserta wujud kepedulian kepada sesama manusia dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadhan. Dewan Pimpinan Cabang Lembaga Swadaya Masyarakat-Wadah Generasi Anak Bangsa (DPC LSM-WGAB) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) berikan santunan kepada Anak Yatim.

Pemberian santunan tersebut dilaksanakan di Desa Tran Pangkalan Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Madina, Sabtu (9/3/2024).

“Kegiatan ini kita lakukan untuk meningkatkan ketaqwaan kita kepada Tuhan Sang Pencipta, dan sebagai sesama manusia adalah merupakan wujud kepedulian terhadap situasi dan kondisi kehidupan bermasyarakat, khususnya adek-adek anak yatim yang sudah menjadi kewajiban kita untuk memperhatikan, membantu dan menyantuni mereka,” ungkap Mulyadi, Katua DPC WGAB Madina, Sabtu (9/3/2024).

Mulyadi juga menambahkan, Bahwa program seperti ini sudah merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh DPC LSM-WGAB Madina setiap tahunnya dengan tujuan menumbuhkan rasa kemanusiaan dan jiwa sosial yang tinggi sesama pengurus LSM untuk tercapainya Visi Misi organisasi yang sebenarnya, serta dapat dicintai oleh masyarakat di Kabupaten Mandailing Natal.

Dalam pelaksanaan kegiatan turut dihadiri oleh Pemerintah Desa Tran Pangkalan, Tokoh Masyarakat setempat, Masyarakat, BPD Tran Pangkalan dan anak yatim yang menerima santunan.

Penyerahan santunan diserahkan langsung oleh Ketua DPC LSM-WGAB Madina didampingi Wakil Ketua I Eddy Sofyan Lubis, Wakil Ketua II Herwin Sembiring, Panglima DPC Yardin Waruwu, Wakil II Panglima DPC Faisal Batubara, Kabid Sosial dan Politik Fandra Rangkuti, Wakabid Sospol Puasan Toro, Kabid Humas Abdul Muhid, Wakabid I Humas Nurhamid dan Wakabid II Humas Rendi Zebua.

Kepala Desa Pangkalan, Eki menyatakan dukungan penuh terhadap kegiatan amal yang dilakukan oleh LSM-WGAB Madina di Desanya.

Kepada ketua WGAB beserta kepada seluruh masyarakat beliau menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadirannya dalam acara amal tersebut, karena bertepatan dengan kegiatan tersebut beliau sedang berada di Panyabungan bersama keluarga.

“Saya berterima kasih atas kedatangan ketua beserta rombongan untuk melakukan kegiatan amal yaitu pemberian santunan kepada anak yatim di Desa saya. Ajang seperti ini adalah suatu kegiatan yang sangat mulia. Semoga ini menjadi contoh baik ke depan untuk LSM lainnya. Atas nama Pemerintah Desa Tran Pangkalan saya mendukung penuh kegiatan yang dilaksanakan oleh LSM-WGAB Madina dalam santunan anak yatim ini, semoga kegiatan itu menjadi ladang ibadah dalam setiap niat baik yang dilakukan,” tutur Eki.

Dalam sambutannya, Mulyadi selaku Ketua WGAB Madina menyampaikan terima kasih kepada seluruh donatur yang ikut berbagi dan beramal sehingga kegiatan amal ini berjalan dengan baik.

Ucapan terima kasih itu beliau sampaikan khususnya kepada Camat Kotanopan Pamilu, Kadis Kesehatan Madina M Faisal Ritonga beserta para donatur lainnya yang ikut berpartisipasi mensukseskan kegiatan itu.

Selain itu, saat penyerahan Santunan, Mulyadi berpesan kepada adek-adek anak yatim di Tran Pangkalan Kecamatan Lingga Bayu agar tetap kuat dan tegar dalam menghadapi setiap liku kehidupan. Berbakti kepada ibu meskipun kasih sayang yang didapatkan saat ini tidak lagi seutuhnya dari kedua orangtua.

Ketua WGAB ini juga menyampaikan, Apabila suatu saat adek-adek anak yatim ada merasa terbentur pada suatu permasalahan dibidang apapun juga dan kapan pun juga ia siap untuk sosok seorang abang/saudara yang akan menjadi tempat pengaduan mereka.(sambil memberikan kartu nama kepada anak yatim).

“Adik-adikku anak yatim yang aku sayangi dan paling aku cintai, sepahit apapun kehidupan yang kalian lalui, janganlah bersedih, tetap semangat dan kuat dalam mengarungi hidup yang penuh dengan lika-liku kehidupan ini. Sekarang kalian punya saudara baru, meskipun setiap hamba tuhan berkewajiban untuk membantumu, tapi jika suatu saat adik-adikku punya masalah atau pas kebetulan sedang berada di Panyabungan, abang minta tolong telepon nomor pribadi saya. Insyaallah, abang akan datang menemui, telepon abang jika ada sesuatu yang penting, semampu abang atas ijin Allah Swt, abang akan selalu ada bersama kalian,” ungkapnya.

“LSM-WGAB Madina yang berada di Tran Pangkalan ini akan selalu bersama kalian dan akan menjadi tempat dan tumpuan pengaduan setiap hal yang kalian butuhkan,” tambah Mulyadi.

Salah satu orangtua yang mewakili tokoh masyarakat Desa Tran Pangkalan, Rohmat menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangganya atas apa yang telah dilakukan oleh LSM-WGAB Madina di Tran Pangkalan.

Menurutnya ini adalah suatu pembuktian nyata yang pernah mereka lihat bahwa LSM itu benar adanya dan pembuktian itu dilakukan dengan tindakan nyata yang dihadiri langsung oleh Ketuanya.

“Ini suatu kebanggaan bagi kami masyarakat Desa Tran Pangkalan, dan inilah bentuk dari peduli yang sesungguhnya, tanpa diucapkan tetapi dibuktikan melalui tindakan nyata, dan inilah menurut kami satu satunya LSM yang benar-benar hadir untuk kami masyarakat lemah. Semoga Ketua dan seluruh anggota serta Lembaganya diberikan umur panjang, rezeki berlipat ganda dan kami akan selalu merindukan sosok pemimpin seperti ini,” sebutnya.

Di akhir acara, Ketua WGAB Madina pamit untuk kembali pulang ke Panyabungan dengan terlebih dahulu meminta ijin kepada tokoh masyarakat dan menitipkan teman-teman LSM WGAB yang ada di Tran Pangkalan untuk selalu diberikan arahan dan bimbingan agar tidak mudah terlena dengan kepentingan duniawi saja. Mulyadi juga tak lupa mengajak seluruh masyarakat dan para dermawan agar selalu membantu kepada setiap orang yang membutuhkan pertolongan, khususnya anak yatim.

“Insyaallah, mudah-mudahan Tuhan selalu memberikan kita rezeki agar selalu bisa berbagi dan membantu mereka yang membutuhkan, khususnya kepada anak yatim, Jika bukan kita siapa lagi yang akan memperhatikannya mereka. Saya juga mengajak kita semua khususnya para dermawan agar selalu menyisihkan rezeki yang kita miliki untuk diberikan kepada saudara saudara kita yang membutuhkan uluran tangan serta perhatian kita, semoga segala niat baik kita menjadi amal baik untuk diri kita sendiri dan bermanfaat untuk orang lain,” pungkasnya.
Humas WGAB Madina

(Adahati Laia)