Panitia Pelantikan SMSI Kepulauan Nias Beraudensi ke Kapolres

ATENSINEWS.COM – Panitia Pelantikan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kepulauan Nias beraudensi ke Kapolres Nias untuk meminta masukan terkait pelantikan, Selasa (4/4/2023).

Rombongan panitia antara lain, Riswan H Gultom (Ketua), Bothaniman J Telaumbanua (Sekretaris), Krispinus Zebua, Notatema Ziliwu dan Ibezanolo Zega.

Bersama tim juga turut Ketua SMSI Kepulauan Nias, Suarman Telaumbanua yang telah menerima mandat dari SMSI Sumatera Utara.

Riswan Gultom kepada Kapolres AKBP Luthfi menjelaskan, progres persiapan pelantikan sudah matang, dan tim akan beraudensi kepada seluruh kepala daerah serta unsur pimpinan daerah lainnya di Pulau Nias guna meminta masukan.

Panitia merencanakan, pelantikan diadakan 2 Mei 2023 yang dihadiri oleh Ketua SMSI Sumatera Utara, Erris Napitupulu beserta rombongan. Diharapkan juga, para kepala daerah beserta unsur pimpinan daerah se-Kepulauan Nias hadir.

AKBP Luthfi menyambuat baik rencana pelantikan. Dia juga setuju adanya perbaikan jurnalistik secara profesi maupun secara oknum. Dicontohkan, alangkah baiknya jika profesi wartawan dijalankan secara murni, sebab bayak komentar warga adanya wartawan sekaligus LSM.

Kapolres mengatakan, dewasa ini perlu penyajian informasi mencerahkan bagi semua pihak. Sebaliknya, SMSI kedepan diharapkan tidak menjadi konsentrasi pemanfaatan bagi kelompok kelompok tertentu menjelang pesta demokrasi yang akan datang.

Dalam kesempatan itu, Kasat Intel Iptu Budi Immanuel Tarigan SE mengatakan, wartawan media online harus lebih bijak dalam menghimpun dan menyajikan berita, sebab media siber cepat terpublikasi dan teropini di masyarakat.

Suarman Telaumbaua menjelaskan, SMSI merupakan konstituen Dewan Pers Indonesia, sehingga perusahaan pers dan jurnalis yang tergabung di SMSI harus berintegritas dan mematuhi Kode Etik Jurnistik dalam membuat berita.

Kedepan, SMSI Kepulauan Nias akan aktif dalam peningkatan profesionalitas dengan melakukan diskusi, diklat serta kegiatan kegiatan pemantapan kemampuan.

Di akhir pertemuan, panitia menyematkan baju SMSI kepada Kapolres sebagai tanda kemitraan berkolaborasi dalam peningkatan kemampuan ke depan. (Red)