Pada Apel Siaga Bawaslu Kota Gunungsitoli, Karya Bate’e Berpesan Agar Penyelenggara Pemilu Bekerja Dengan Segenap Hati

GUNUSITOLI – Menjelang Satu Tahun Pelaksanaan Pemilu Serentak tepatnya pada tanggal, 14 Februari 2024 mendatang, Bawaslu Kota Gunungsitoli dan seluruh jajaran melaksanakan Apel Siaga menuju Satu Tahun Pemilu Tahun 2024, bertempat di Halaman Kantor Bawaslu Kota Gunungsitoli di Jalan Diponegoro, No. 348 B, Desa Sifalaete Tabaloho- Gunungsitoli, Selasa (14/02/2023)

Kegiatan Apel Siaga diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Bawaslu, Pembacaan Deklarasi Pemilu Damai dan Berintegritas oleh Komisioner Bawaslu Kota Gunungsitoli, Nur Alia Lase.

Ketua Bawaslu Kota Gunungsitoli, Endra Amri Polem bertindak sebagai Pembina Apel sekaligus membuka secara resmi Apel Siaga Pengawasan dan Launching Hak Pilih.

Dalam arahannya, Endra Amri Polem menjelaskan bahwa kegiatan Apel Siaga Bawaslu Kota Gunungsitoli pada hari ini sebenarnya juga dilaksakan secara serentak oleh Bawaslu seluruh Indonesia. Tujuan dan maksud pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk melaksanakan tugas-tugas penyelenggara Pemilu Satu Tahun ke depan, tepatnya tanggal, 14 Februari 2023 hari ini, hingga satu tahun dari sekarang Pemilu Serentak akan dilaksanakan pada tanggal, 14 Februari 2024 mendatang, baik itu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden R.I, DPD-RI, DPR-RI, DPRD Tingkat Provinsi hingga DPRD ditingkat Kabupaten/Kota.

“Tentu, sangat dibutuhkan kesiapan kita sebagai pengawas Pemilu mulai dari Bawaslu R.I, Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten/Kota, Panwaslu di tingkat kecamatan terlebih-lebih garda terdepan dari Bawaslu adalah Pengawas Kelurahan/Desa dalam menyelenggarakan Pemilu ke depan ini dalam hal pengawasan, terutama memastikan hak pilih seseorang masuk dalam daftar pemilih untuk memberikan hak suaranya pada tanggal, 14 Februari 2024, kata Endra.

Ketua Bawaslu Kota Gunungsitoli juga menjelaskan Bawaslu Republik Indonesia di bulan Januari lalu telah melaunching Aplikasi Awasi Jarimu, tujuannya untuk mengajak seluruh masyarakat khususnya diwilayah Kota Gunungsitoli berpartisipasi mengawal hak pilih. Bawaslu juga telah membuka Posko Pengaduan masyarakat di setiap kecamatan. Dia juga menegaskan agar jajaran Panwaslucam dan PKD menanggapi setiap keluhan dan pengaduan dari masyarakat tentang tahapan Pemilu yang saat ini sedang berjalan, ujar Endra Amri Polem.

Dikesempatan itu juga, Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Gunungsitoli, Firman N. Gea, SE, mengatakan hari ini juga jajaran KPU juga telah melaksanakan Apel Peluncuran Kirab telah berjalan pada pukul 14.00 Wib lalu, dilakukan secara Daring karena pelaksanaannya di tujuh lokasi yang tersebar diwilayah Indonesia dan dipusatkan di Jakarta. Tentu ada pesan-pesan mengapa ini kita lakukan sebagai komitment bahwa kita penyelenggara baik itu KPU, Bawaslu, DKPP dan seluruh pemangku kepentingan lainnya untuk saling bahu membahu dalam menyukseskan Pemilu Serentak Tahun 2024 yang akan datang.

“Kami yakin bahwa rekan-rekan Bawaslu Kota Gunungsitoli sampai jajaran ditingkat Kelurahan/Desa untuk selalu bersinergi dalam melaksanakan tahapan Pemilu. Harapan kami sebagai jajaran penyelenggara teknis kepada rekan Bawaslu, apa yang menjadi kekurangan KPU Kota Gunungsitoli hingga jajaran ditingkat Kelurahan/desa terlebih dahulu diingatkan sebelum ditindak, karena lebih kita mengutamakan pencegahan. Tentu kalau ada hal-hal yang memang nantinya di lapangan, rekan-rekan PKD sebagai eksekutor terakhir di lapangan menemukan temuan untuk selalu diingatkan, kecuali kalau sudah diingatkan tapi tidak digubris oleh jajaran kami, maka biasanya dalam bahasa komando, kalau tidak bisa dibina maka dibinasakan, tegas Ketua KPU Kota Gunungsitoli.

Masih kata Firman N. Gea, tentu kita mempunyai tanggungjawab masing-masing, kami berharap kita tetap membangun koordinasi komunikasi. Ini adalah tanggungjawab kita bersama dalam menjalankan segala tahapan Pemilu yang telah diatur dalam Undang-undang dan peraturan yang ada,” pungkasnya.

Pada sambutannya, mewakili Walikota Gunungsitoli, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Gunungsitoli, Karya Septianus Bate’e, SSTP.,MAP, mengatakan Bawaslu Kota Gunungsitoli dan jajaran yang hadir pada hari ini adalah orang-orang terpilih yang mempunyai andil dalam menentukan masa depan Bangsa Indonesia, Provinsi terlebih Kota Gunungsitoli sampai lima tahun yang akan datang mulai dari tahun 2024 sampai dengan tahun 2029.

“Oleh karena itu, mewakili Pemerintah Kota Gunungsitoli kami mengucapkan selamat dan sukses kepada rekan-rekan sebagai orang-orang terpilih menjadi Pengawasan pada Pemilu serentak 2024. Pesan kami, bekerjalah dengan segenap hati, soal hari esok tidak perlu di dikuatirkan semua ada waktunya. Dia juga berharap agar Penyelengara Pemilu tetap semangat, menjaga integritas serta citra diri, ujar Karya S. Bate’e sekaligus saat ini sebagai Ketua DPD KNPI Kota Gunungsitoli.

Dari pantauan wartawan dilokasi, hadir pada kegiatan tersebut, Kabag Bawaslu Provinsi Sumatera Utara, Ketua dan Anggota Komisioner Bawaslu Kota Gunungsitoli, Ketua KPU Kota Gunungsitoli, Firman Novrianus Gea, SE, Komisioner KPU, Juliman Berkat Harefa,S.H., Forkopimda, Korsek dan seluruh Sekretariat Bawaslu Kota Gunungsitoli, Ketua dan Anggota Panwaslucam se-Kota Gunungsitoli, Pengawas Kelurahan/Desa se-Kota Gunungsitoli, perwakilan Ormas, OKP dan Pemantau Pemilu.

Pelaksanaan kegiatan Apel Siaga menuju Satu Tahun Pemilu Serentak Pemilu 2024 yang dilaksanakan Bawaslu Kota Gunungsitoli terlaksana dengan baik, lancar dan kondusif. (YH)