Operasi Lilin 2022 Pengamanan Natal dan Tahun 2023 Sukses Dilaksanakan

JAKARTA – Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengungkapkan, secara keseluruhan pelaksanaan Operasi Lilin 2022, pengamanan natal 2022 dan tahun baru 2023 berjalan sesuai dengan target aman dan lancar .

“Secara umum target adalah tercapainya situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) baik menuju jalur tol, arteri tempat wisata, dan tempat ibadah seluruhnya bisa dikatakan untuk tertib aman,” ujar Irjen Pol Firman Shantyabudi di Gedung NTMC Korlantas Polri, Jakarta Selatan, Selasa (3/1/2023).

Firman, juga menuturkan selama operasi lilin 2022 tidak ada kecelakaan di jalan tol yang menonjol selama Operasi Lilin 2022. Namun begitu, di jalur arteri cukup banyak peristiwa kecelakaan lalu lintas yang menjadi sorotan.

“Masih kendaraan bermotor roda dua yang mendominasi kecelakaan ini. Untuk penindakan laka lantas, tilang naik 37 persen, teguran naik 24 persen. Tetapi kita upayakan persuasif, ini dua bulan ini kita pendekatan dengan e-Tilang,”ungkapnya.

Sedangkan untuk angka korban meninggal dunia, Firman mengatakan jumlah korban meninggal dunia mengalami penurunan
dibandingkan Nataru tahun 2019 (sebelum pandemi COVID-19). Tercatat, jumlah korban meninggal dunia turun 40 persen, luka berat 19 persen dan luka ringan lima persen.

“Saya perlu sampaikan bahwa dalam kecelakaan yang meningkat ini, yang menonjol adalah kecelakaan tunggal, mungkin karena faktor kelelahan atau karena dan lain sebagainya salah satunya ingin cepat sampai di tempat tujuan,” kata Firman

Seperti diketahui Polri memulai pelaksanaan Operasi Lilin 2022 pada Jumat, 23 Desember 2022 sampai 2 Januari 2023. Operasi yang digelar selama sebelas hari tersebut dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia.