Lewat Siaran Radio, Pemko Tebing Tinggi Sosialisasikan Penanganan Bencana

ATENSINEWS.COM – Pemerintah Kota Tebing Tinggi melalui Dinas Komunikasi dan Informatika bersama Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DAMKAR) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar talkshow radio penanganan bencana dengan tema “Kecil Jadi Kawan, Besar Jadi Lawan”, Kamis (27/10/2022) melalui siaran radio DIS FM dengan kanal 93.5 FM.

Kadis Damkar, Abdul Halim Purba, S.STP,M.Si menjelaskan Dinas Damkar bukan dinas yang hanya menangani masalah kebakaran. Namun, lebih dari itu Dinas Damkar juga melakukan kegiatan penyelamatan manusia, hewan dan bencana, seperti bencana banjir yang dilakukan bersama dengan BPBD.

Dalam hal terjadi kebakaran, Kadis Damkar menghimbau masyarakat untuk segera menghubungi Dinas Damkar dan tidak melakukan hal-hal yang membuat petugas terhambat melakukan pemadaman serta memberikan jalan untuk akses kendaraan mobil pemadam kebakaran.

“Himbauan kepada masyarakat pada saat ada kebakaran jangan langsung live tapi langsung menghubungi kami biar kami langsung sigap menuju ke lokasi, dan mohon menjauhi lokasi kebakaran, biarlah Dinas Pemadam Kebakaran dan penyelamatan yang bekerja baik dan himbauan kepada masyarakat pada saat mobil kebakaran menuju lokasi kejadian kami mohon kasih jalan biar mobil Pemadam kebakaran tepat waktu mematikan api dan biar tepat waktu menyelamatkan masyarakat yg membutuhkan,” Ucap Abdul halim.

Sementara itu, Kepala BPBD Tora Daeng Masaro ST, M.Si mengatakan bahwa setiap tahunnya terjadi bencana banjir di Kota Tebing Tinggi. Mengantisipasi hal tersebut, Tora menjelaskan selalu berkoordinasi dengan TNI, Polri (Babinsa /Babinkamtibmas) kelurahan untuk memantau debit air di DAS (Daerah Aliran Sungai) di sipispis.

“Kami selalu memantau debit air yang ada di DAS sipispis, kami selalu komunikasi lewat telepon dan wa, pada saat sipispis (DAS) naik berapa meter, kemungkinan air datang ke Kota Tebing Tinggi berapa lama lagi kami langsung antisipasi dan memberitahukan kepada masyarakat,” jelas Tora.