Komunitas Kreatif dan Seni, Ramaikan Gunungsitoli Fashion Carnaval

GUNUNGSITOLI – Untuk menciptakan brand event tentang seni dan budaya yang berkelanjutan di Kota Gunungsitoli, Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan melaksanakan Gunungsitoli Fashion Carnaval (GFC), Minggu (02/04/2023).
Para peserta GFC terlebih dahulu berkumpul di Lapangan Merdeka Kota Gunungsitoli, kemudian dilepas oleh Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli Drs. Oimonaha Waruwu untuk melakukan pawai melalui jalan Sirao menuju Taman Ya’ahowu Kota Gunungsitoli. Ditaman Ya’ahowu para peserta melakukan peragaan busana yang digunakan untuk dinilai oleh dewan juri.
Wali Kota Gunungsitoli dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Gunungsitoli Fashion Carnaval, serta mengucapkan terimakasih kepada peserta yang turut dalam kegiatan tersebut. Selain itu Wali Kota juga berpesan kepada para juri untuk melakukan penilaian sesuai dengan kriteria, agar semangat para peserta untuk mengikuti kegiatan yang sama ditahun – tahun berikutnya tidak menurun.
“ Kegiatan ini sangat kita apresiasi, Saya sangat bangga ada 19 peserta. Kiranya peserta menerima bagaimana hasil penilaian dari dewan juri, karena tidak pernah ada juara bersama,”ujarnya.
Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Gunungsitoli yang juga Ketua Panitia Perayaan Hari Jadi Kota Gunungsitoli ke-345 Tema’aro Telaumbanua, SH melaporkan bahwa yang menjadi dewan juri adalah Nata’alui Duha, Yusliani Harefa dan Noferianus Mendrofa.
“Event Gunungsitoli Fashion Carnaval Tahun 2023 merupakan program Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Gunungsitoli yang menjadi bagian dari kalender event tahunan pariwisata ditahun 2023 ini. penyelenggaraan event ini disoundingkan dan dikolaborasikan dalam rangka memeriahkan rangkaian kegiatan menyambut Hari Jadi Kota Gunungsitoli Ke-345 Tahun 2023 yang hari puncaknya dilaksanakan pada tanggal 6 April Mendatang,”jelasnya.
Pada kesempatan itu, Tema’aro juga melaporkan bahwa selain Gunungsitoli Fashion Carnaval, di Taman Ya’ahowu juga sedang dilaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis, promosi layanan dari BUMN dan perangkat daerah diantaranya Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian serta Dinas Perindustrian dan Koperasi ,UKM.
Adapun yang menjadi juara pada Gunungsitoli Fashion Carnaval tersebut adalah
Juara I SMP Swasta Masyarakat Damai (Nomor 3)
Juara II SMK Swasta Kristen BNKP Gunungsitoli (Nomor 8)
Juara III Sanggar Ladari Tim A (Nomor 6)
Juara IV Sanggar Ladari Tim E (Nomor 13)
Hadir dalam acara tersebut Kapolres Nias AKBP Lufti, S.IK, Mewakili Dandim 0213/Nias, Mewakili Kejari Gunungsitoli, Ketua TP PKK Kota Gunungsitoli Ny.Tini Lakhomizaro Zebua, Ketua DWP Kota Gunungsitoli Ny. Nani Oimonaha Waruwu dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah Lainya. (YHL)