Ketua DPRD Sumut Dorong Aqua Berastagi Menjadi Motor Penggerak Ekonomi Masyarakat

KARO, ATENSINEWS.COM – Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting melakukan kunjungan kerja bersama Komisi D DPRD Sumut, ke PT Tirta Sibayakindo atau Aqua Berastagi.

Pada lawatan tersebut Baskami beserta Anggota Komisi D DPRD Sumut diterima langsung oleh Stakeholder Relation PT Tirta Sibayakindo, Esron Siringo-ringo, PIC safety health and environtment Leo Sitanggang.

Baskami dalam pemaparannya, meminta kepada Pihak Aqua Berastagi untuk memperhatikan keberlangsungan ekosistem dan kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Kami melihat PT Tirta Sibayakindo ini sudah puluhan tahun. Tapi saya harap, ada efek langsung (direct effects) kepada masyarakat sekitar,” katanya, Kamis (30/3/2023).

Baskami mendorong agar PT Tirta Sibayakindo menjadi satu motor penggerak ekonomi bagi masyarakat sekitar.

“Pemerintah telah memberikan akses dan ruang yang luas kepada Aqua berastagi ini, saya harap PT Tirta Sibayakindo bisa memberikan manfaat yang lebih besar lagi, kepada masyarakat Karo khususnya,” jelasnya.

Politisi PDI Perjuangan itu menyebut, lokasi Aqua Berastagi yang berdampingan dengan Tahura Bukit Barisan, harus memperhatikan ekosistem dan lingkungan sekitar.

“Hitungan kita bukan hanya semata-mata ekonomi saja, akan tetapi lingkungan dan sosial masyarakat sekitar, perlu kita perhatikan,” jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Stakeholder Relation PT Tirta Sibayakindo, Esron Siringo-Ringo menyampaikan sampai saat ini pihaknya telah melakukan banyak kegiatan sosial di lingkungan sekitar.

“Kami membuka akses air bersih selama 24 jam kepada para masyarakat di Desa Doulu,” imbuhnya.

Esron mengatakan, pihaknya juga menggandeng Balai Pengelola Tahura Bukit Barisan dalam melakukan upaya konservasi dan penanaman pohon.

“Juga kami melakukan pendampingan masyarakat, untuk budidaya madu di sekitar sini,” jelasnya.

Tak hanya itu, lanjut Esron, pihaknya juga telah mendirikan beberapa bank sampah yang tersebar di Kabupaten Karo.

“Bank sampah ini agar masyarakat mendapatkan manfaat ekonomis dari limbah botol plastik yang bisa didaur ulang kembali,” pungkasnya.