Keren, Nias Utara Terpilih Sebagai Lokus Laboratorium Inovasi Nasional

ATENSINEWS.COM – Koordinator Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia Antun Nastri Siddik, SIP.,M,Si mengatakan, program prioritas nasional akselerasi inovasi tata kelola pemerintah dalam rangka meningkatkan daya saing daerah dilakukan melalui kegiatan Laboratorium Inovasi.

“Pada tahun ini dilaksanakan di 4 lokus daerah dan salah satunya di Kabupaten Nias Utara,” kata Antun Nastri Siddik pada pelaksanaan Launching Inovasi di Kabupaten Nias Utara, Rabu, (26/10/2022).

Sebagai Program Prioritas Nasional, lanjut Siddik, kegiatan Laboratorium Inovasi dipantau secara Nasional oleh Kementrian BAPPENAS dan Kementrian Keuangan.

“kegiatan ini bertujuan untuk mendorong Perangkat Daerah agar lebih mampu mengembangkan Inovasi melalui proses berpikir kritis dan kreatif,” jelasnya.

Launching Laboratorium Inovasi Nasional itu ditandai dengan pemukulan Gong oleh Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega, A.Pi.,M.Si bertempat di Aula Tafaeri Kabupaten Nias Utara. Kegiatan itu merupakan tindaklanjut MOU Pemerintah Kabupaten Nias Utara dengan LAN RI yang ditandatangani bersama pada 2 Maret 2022 yang lalu.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega, A.Pi.,M.Si mengatakan, Launching Inovasi Daerah Kabupaten Nias Utara bertujuan untuk memberikan semangat dan motivasi sekaligus komitmen Perangkat Daerah untuk bersama-sama mewujudkan inovasi yang berguna bagi masyarakat Kabupaten Nias Utara.

Dijelaskannya, inovasi daerah yang dimaksud adalah inovasi tata kelola pemerintahan, inovasi pelayanan publik dan inovasi lainnya yang sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

Launching inovasi daerah Kabupaten Nias Utara tahun 2022, lanjut Yusman, merupakan salah satu tahapan penerapan laboratorium inovasi di Kabupaten Nias Utara tahun 2022.

“Acara launching inovasi ini merupakan penanda awal dilaksanakannya design inovasi tahun 2022, juga dengan penandatangan kontrak kinerja inovasi dan komitmen berinovasi antara Kepala Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara dengan Kepala Daerah untuk 101 desain inovasi tahun 2022” terangnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Nias Utara Yaaman Telaumbanua, SE, MM menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya dan bangga karna Kabupaten Nias utara terpilih sebagai Laboratorium Inovasi Program Prioritas Nasional.

“Tentu dengan kompetensi yang kita miliki dalam mengelola pemerintahan dapat menghantarkan Nias Utara kedepan yang terus maju dan berkeadilan. Serta berharap dengan launching 101 ide inovasi Kab. Nias Utara kedepan Nias Utara lebih tampil inovatif dan kreatif dalam mengelola administrasi di daerah,” harapnya.

Launching Laboratorium Inovasi Nasional tersebut dihadiri oleh Sekda Kabupaten Nias Utara, Angota DPRD Kab. Nias Utara, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, Kabag, Camat Se-Kabupaten Nias Utara, Kepala Puskesmas se-Kabupaten Nias Utara, PNS dan Rombongan LAN RI.