Kepala Badan BAPEDA Kota Gunungsitoli menghadiri Musrenbang di Gunungsitoli Idanoi Tahun 2023

GUNUNGSITOLI – Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Idanoi Kota Gunungsitoli,Tahun 2023. Kegiatan ini di hadiri oleh Camat Idanoi Elifati Waruwu,S,Pd. SD, MM.  Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Karya S. Bate’e SSTP,MAP.  Kadis Perkim Ir Ampilius Nazara , Sejumlah SKPD dan jajaran nya, Anggota DPRD Kota Gunungsitoli Yunius Larosa ,Kepala Desa dan Perangkat Desa, ,Tokoh Agama, ,Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama,Selasa (14/02/2023)

Satu hal yang menarik di Musrenbang ini ialah:  Di tahun 2023 Pemerintah Kota Gunungsitoli  akan membangun Balai Latihan Keterampilan Kerja (BLK) dalam rangka memperdaya keterampilan Kerja Masyarakat bidang Pelatihan praktek  Kerja, menyedikan peralatan kerja dan Bangunan Ruangan Workshop  dan ruangan Lokal untuk kapasitas 20 orang  peserta Latihan kerja dan menghadirkan para pelatih keterampilan, Agar Masyarakat yang masuk Balai Latihan Kerja (BLK) tersebut bisa terampil bekerja siap Pakai,,
Tahun 2024 diharapkan BLK bisa Aktif dan berjalan.

Kepala Bapeda Karya Septianus Bate’e SSTP, MAP, menyampaikan
bahwa sepanjang 2022 Pemerintah  Kota Gunungsitoli telah berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat kota Gunungsitoli selama ini dan hasil nya dapat dilihat dari data Badan Pusat Statistik (BPS ) Kota Gunungsitoli , bahwa ada nya kemajuan dan Peningkatan Kesejahteraan masyarakat bidang ekonomi serta Index Perkapita Perdagangan di Kota Gunungsitoli Naik  walau pun masih ada disana sini yang perlu di benahi oleh Pemerintah Kota Gunungsitoli , ke depan akan upayakan , terang nya.

Kemudian Kaban Bapeda Karya S Bate’e menerangkan untuk sektor Pertanian bahwa Kota Gunungsitoli telah membuat penangkaran Pembibitan Pinang batara, Padi, bibit Jagung dan Pembibitan Palawija  serta Pembibitan Ikan Air Tawar, ke depan nanti nya Pemerintah Kota Gunungsitoli lewat dinas yang terkait akan membagikan bibit ini kepada Kelompok Kelompok Tani yang yang Produktif  di kota Gunungsitoli

Kepala UPTD Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara  Jamili Gulo menyampaikan Hutan ada 3 ,hutan Produktif, hutan Adat,   hutan Lindung. Hutan Produktif juga dapat di manfaatkan masyarakat sebagai paru Paru Kota dan juga kelompok kelompok Tani menggarap Lahan Hutan Produktif ,pihak nya telah Bekerja sama Kepada Pemerintah Kota Gunungsitoli Terkait status Hutan dan tapal Batas wilayah Hutan dan Pemerintahan Desa di Kota Gunungsitoli , kemudian pihak tidak tertutup kemungkinan apa bila Lahan Hutan Produktif akan di Gunakan untuk Masyarakat kelompok Tani tentunya pengelolah lahan  mengikuti aturan yang ada, dan dapat di manfaatkan untuk Program Pertanian Tanan Jagung Hibrida dan yang lain nya. Terang nya.

Camat Gunungsitoli Idanoi Elifati Waruwu S,Pd,SD ,MM   dalam sambutan nya mengatakan ia mengucapkan terimakasih  Kepada Pemerintah kota Gunungsitoli dan Kapala badan  Bapeda Karya S Bate’e yang telah memaparkan uraian capaian data bersumber dari BPS Kota Gunungsitoli dengan detail,   Ekspos capaian Pembangunan yang sudah berjalan dan akan direncanakan dalam 2024 Tahun yang akan datang. Usai pemaparan di lanjutkan dengan sesen Tanya Jawab.

Kemudian Camat Idanoi juga menyampaikan Musrenbang ini meminta kepada UPTD Dinas Kehutanan Propinsi Sumatera Utara  agar dapat bekerja sama kepada Seluruh Kepala Desa se-kecamatan dalam mengukur dan menentukan Batas wilayah Kepemilikan dan pemetaan Profil di setiap Desa.  Camat Idanoi juga menekankan kepada Para Kepala Desa agar Penyerapan Anggaran dan Pembuatan Progres Dana Desa agar di selesaikan Laporan tepat waktu sesuai
dengan harapan kita bersama.
Pada Musrembang ini kita nantinya segera membentuk Tim dalam menentukan Usulan yang yang Prioritas dalam Pembangunan  Desa, juga menentukan usulan Pembangunan di Kecamatan untuk tingkat Kota,,,ucap nya mengakhir. (YH)