Keberadaan, Kejuangan, dan Kebangkitan Kalimantan Selatan (Kalsel) Membangun dan Memajukan Indonesia Raya

Kalimantan Selatan | Atensinews.com – Kunjungan tugas, kerja, dan kegiatan Penulis, berlangsung beberapa hari di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Sebelumnya, Penulis berkunjung ke beberapa daerah di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dan beberapa daerah di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Adasejumlah tugas, kegiatan, dan kerja di beberapa daerah provinsi tersebut. Kunjungan ke Kalsel memiliki perspektif tersendiri dan khusus. Utamanya dan intinya adalah eksistensi, posisi, fungsi Kalsel secara mikro lokal domestik. Dan juga Kalsel secara makro regional kawasan sebagai dalam perspektif perkuatan terhadap Ibukota Kota Negara (IKN) Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Penulis bertemu, berdialog, dan berdiskusi dua (2) kali bersama dengan Kapolda Kalsel Irjen Pol. Andi Rian Ryacudu Djajadi. Pertemuan pertama pada hari Sabtu, tanggal 15 April 2023, di Rumah Dinas Jabatan Kapolda, di Banjarmasin, Kalsel ; dan pertemuan kedua pada hari Senin, tanggal 17 April 2023, di ruang kerja Kapolda, kantor Polda, di Banjarmasin, Kalsel. Penulis bertemu, berdialog, dan berdiskusi bersama dengan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kalsel Doktor Mukri, S.H., M.H., pada hari Senin, tanggal 17 April 2023, di ruang kerja Kajati, kantor Kejati, di Banjarmasin, Kalsel.

Ada agenda Penulis bertemu, berdialog, dan berdiskusi bersama Komandan Korem (Danrem) 101/Antasari (Kalsel) Kodam VI/Mulawarman Brigjen TNI Rudi Puruwito. Menurut Panglima Kodam (Pangdam) VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Danrem 101/Antasari (Kalsel) sedang ada kunjungan tugas, kegiatan, dan kerja di luar kota. Korem 101/Antasari membawahi dan meliputi teritorial Provinsi Kalsel ; dan secara struktural hirarkhis komando teritorial berada di bawah Komando Daerah Militer (Kodam) VI/Mulawarman yang membawahi dan meliputi Provinsi Kaltim, Provinsi Kalsel, dan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Agenda Penulis sekembali kunjungan tugas, kegiatan, dan kerja dari Kalsel, langsung mengadakan pertemuan, dialog, dsn diskusi bersama dengan Jaksa Agung Muda (JAM) Bidang Intelijen Kejaksaan Agung (Kejagung) RI Doktor Amir Yanto, S.H., M.H. Pertemuan Penulis bersama dengan JAM Intelijen Kejagung RI Doktor Amir Yanto, S.H., M.H., berlangsung pada hari Senin, di ruang kerja JAM Intelijen, gedung Kejaksaan Agung RI, di Jakarta, Indonesia. Hakekat pertemuan pada dasarnya berkaitan dengan penguatan dan pemajuan Indonesia Raya dari perspektif percepatan dan peningkatan kualitas Pembangunan IKN Nusantara. Juga Pembangunan Daerah. Tentu dalam konteks dan kerangka penyelenggaraan dan pelaksanaan tugas-tugas pokok dan fungsi-fungsi dasar institusi “Adhyaksa”.

JAM Intelijen Kejagung RI Doktor Amir Yanto, S.H., M.H., adalah seorang pejabat struktural di lingkungan dan jajaran Kejagung RI dengan posisi jabatan setara dengan Jenderal Bintang Tiga. Pernah bertugas mengabdi di lingkungan kejaksaan di wilayah hukum Kalsel, yaitu sebagai Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Martapura, Kalsel. Pernah menjadi Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) pada JAM Intelijen Kejagung RI, menjadi Karo Perencanaan pada JAM Pembinaan Kejagung RI, menjadi Kajati Provinsi Bali, menjadi Kajati Provinsi Sumut, menjadi JAM Pengawasan Kejagung RI, kini menjadi JAM Intelijen Kejagung RI.

Kapolda Kalsel Irjen Pol. Andi Rian Ryacudu Djajadi adalah seorang Perwira Tinggi Polri berpangkat Jenderal Bintang Dua lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1991. Pernah lama bertugas mengabdi di lingkungan kepolisian di wilayah hukum Kalsel sejak lulus Akpol dan berpangkat Perwira Pertama. Pernah menjadi Kepala Biro (Karo) Koordinator Pengawas (Korwas) PPNS Bareskrim Polri, menjadi Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtidpidum) Bareskrim Polri, dan kini menjadi Kapolda Kalsel. Kajati Kalsel Doktor Mukri, S.H., M.H. adalah seorang pejabat struktural di lingkungan dan jajaran.

Delianus Harefa