Kapolsek AKP Buala Harefa Turun Langsung Dalam Penangkapan NA

ATENSINEWS.COM – Unit Reskrim Polsek Kundur melakukan penangkapan terhadap Pelaku penganiayaan berinisial NA yang juga merupakan seorang Residivis terkait Pengerusakan. Diduga NA juga sebagai salah seorang pengurus Ormas di Tanjung Batu – Karimun – Provinsi Kepulauan Riau. Sabtu (25/02/2023) sekira pukul 13.30 Wib.

Berdasarkan surat perintah penangkapan, Personil Polsek Kundur berjumlah 3 orang yang dipimpin oleh Kanit Reskrim Polsek Kundur, Ipda Maryo Siahaan mendatangi Rumah tersangka NA di Jalan H.M. Nawawie Kel. Tanjung Batu Kota Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun untuk melakukan upaya penangkapan terhadap NA (50 tahun) dalam Perkara Penganiayaan di Wilayah Hukum Polsek Kundur.

Kronologi kejadian berawal saat tersangka (pelaku) datang menanyakan tentang Koperasi Mekar kepada pelapor (korban) tentang surat izin OJK Koperasi Mekar. Lalu, pelapor (korban) jawab jika hal itu yang berhak menanyakan OJK itu pihak berwajib.

Selanjutnya, tersangka (NA) menuduh korban (MA) membekap Koperasi Mekar dan membekap judi di Tanjung Batu sehingga terjadi pertengkaran mulut antara pelaku dengan korban. Yang kemudian terlapor langsung mencekik leher korban dengan menggunakan tangan kanan dan tangan kiri.

Kapolsek AKP Buala Harefa Turun Langsung Dalam Penangkapan NA

Saat korban berusaha melepas tangan pelaku, datanglah Sdr. Agus untuk memisahkan pelaku namun korban mengalami luka robek karena kena kuku tangan dari pelaku. Saat itu juga, Sdr. Iyan, Sdr. Indra datang ikut meleraikan. Dari situ, korban MA melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Kundur.

Kapolsek Kundur AKP Buala Harefa, S.H,.M.H., membenarkan bahwa ada penangkapan paksa kepada tersangka MA berdasarkan laporan dari korban an. H. Muhammad Ashura, S.E., yang dimana pada hari Kamis (12/02/2023) sekira pukul 11.00 Wib sewaktu korban MA duduk bersama Sdr. Agus, Sdr. Iyan, Sdr. Indra dan Sdri. Widiya sedang duduk-duduk di Pasar Tani Argo Jaya Jl. Merdeka Kel. Tanjung Batu Kota Kec. Kundur.

“Saat ini dilakukan upaya paksa kepada tersangka NA karena ada upaya perlawanan dari pihak keluarga (istri) yang melempar barang-barang/benda berupa 1 keping kaca kepada salah seorang Personil Polsek Kundur, sehingga mengenai tangan bagian kiri dari Ipda Maryo Siahaan yang mengakibatkan luka robek sebesar kurang lebih 5 cm”, ucap AKP Buala Harefa, S.H,.M.H.

Disampaikan Kapolsek Kundur, setelah mendapat bantuan dari Kapolsek Kundur dan beberapa personil lainnya, tersangka NA yang juga sudah ditersangkakan tersebut berhasil diamankan dan di bawa ke Polsek Kundur guna proses lebih lanjut. Namun, untuk istri inisial SI dari tersangka yang melakukan tindak pidana terhadap petugas Polri yang bertugas telah dibuat laporan ke Polres Karimun.

“Untuk sekarang ini kita kenakan pasal 351 ayat 1 KUHP dengan ancaman pidana penjara 2 tahun 8 bulan”, tutup Kapolsek Kundur.

(Tim/S.S)