Kakanwil Sulsel Kemenkumham Ajak Kepala Bapas Kelas I Makasar Yang Baru Tingkatkan Prestasi

ATENSINEWS.COM – Hari ini, Jumat (28/10), Kepala Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Makassar resmi berganti. Pergantian ini ditandai dengan pelaksanaan acara serah terima jabatan Plt. Kepala Bapas lama, Bawono Ika Sutomo ke Sopiana yang akan meneruskan tanggungjawab sebagai Kepala Bapas Makassar yang baru.

Serahterima Jabatan diawali dengan penandatanganan memori serah terima jabatan (sertijab) oleh kedua belah pihak di hadapan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) yang diwakili oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Kadivyankum HAM) Nur Ichwan yang bertindak sebagai saksi.

Usai penandatanganan memori Sertijab, Bawono menyerahkan memori jabatan Kepala Balai Pemasyarakatan Makassar kepada Sopiana.

Kadivyankum HAM Nur Ichwan, saat membacakan sambutan Kakanwil Liberti Sitinjak mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Bapas Makassar yang telah bersama-sama membangun Kemenkumham khususnya jajaran Pemasyaraktan dengan kerja keras dan dedikasi yang tinggi.

“Siapapun pemimpin di Bapas Makassar, para pejabat dan pegawai akan tetap menunjukan kinerja yang luar biasa karena mereka telah memiliki komitmen kuat dan nilai moral yang dipegang teguh.” kata Ichwan.

Ichwan juga mengapresiasi Bapas Makassar yang telah menorehkan banyak prestasi, seperti penghargaan Ramah HAM dari Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), pengharagaan peringkat kedua Bapas Terbaik dalam pelaksanaan pembimbingan dan pengawasan dalam asimilasi dan intergritas dan penanganan Covid 19, ketiga Bapas Makassar sebagai instansi pilot project penerapan restorative justice bagi pelaku dewasa.

Ichwan berharap dibawah kepemimpinan yang baru, seluruh pegawai dapat meningkatkan hasil kinerja yang lebih baik lagi.

“tingkatkan kinerja dan prestasi. Perbaiki hal-hal yang belum sempurna. Kami harap juga jangan ada praktik-praktik yang menyalahi aturan,” pesan Ichwan.

Sebelumnya, Plt. Kepala Bapas Makassar lama Bawono menyampaikan terima kasih atas kerjasama seluruh jajaran dalam mendukung kinerja yang telah disusun dan tetapkan bersama.

Dalam kata-kata perpisahannya, Bawono menyampaikan progres positif selama kepemimpinannya yaitu Optimalisasi Ruang Tunggu Bapas Makassar, Optimalisasi Pos Bapas Makassar yang berada di Bulukumba dan Parepare, dan Optimalisasi Pengarsipan melalui pengadaan rak dokumen arsip.

Bawono juga melaporkan penyerapan anggaran pada Bapas Makassar hingga akhir bulan ini mencapai 89.43%. Capaian penyerapan anggaran ini menjadi tanggung jawab Kepala Bapas baru Sopiana untuk melanjutkan dan mendukung program kerja pimpinan di Kanwil.

Bawono mengungkapkan, capaian positif itu tentunya berkat kerjasama dari jajaran terutama Pembimbing Kemasyarakatan (PK) yang berjumlah 95 orang dengan wilayah hukum Bapas Makassar yang sangat luas.

“Dengan jumlah yang terbatas, mereka bekerja luar biasa. Dengan tanggung jawab, dedikasi, dan segala keterbatasannya, mereka tetap tangguh.” ungkap Bawono.

Kemudian, Kepala Bapas Makassar baru Sopiana berharap agar kehadirannya dapat membawa hal positif dalam pekerjaan nantinya di Bapas Makassar meneruskan program kerja Kepala Bapas Makassar yang lama.

“Terima kasih atas penyambutan yang luar biasa. Mohon diterima. Mudah-mudahan kita bersama-sama menjadi keluarga yang benar-benar amanah dalam melaksanakan tugas dan menjadi keluarga yang bahagia baik di kantor maupun di luar kantor. Terima kasih kepada Pak Kadivyankum dan jajaran Kepala Lapas/Rutan yang hadir di sini. Mohon bimbingan dan arahan selama saya bertugas di sini.” pesan Sopiana.

Hadir dalam sertijab ini Kepala Lapas Makassar Hernowo Sugiastanto, Kepala Lapas Narkotika Sungguminasa Andi Mohammad Syarif, Kepala Rutan Makassar Moch Muhidin, Kepala Rutan Pasangkayu Aris Supriyadi, Kepala Lapas Mamasa Indar Laya, Kepala Sentra Wirajaya Makassar Syaiful Samad, Pimpinan Bank BJB Makassar, Pimpinan Bank BRI Makassar, Pimpinan Bank Mandiri Makassar Slamet Riyadi, Jajaran Yayasan Nurul Mappanyukki Center, Jajaran Dharma Wanita Persatuan (DWP) Bapas Makassar, dan Seluruh Pejabat Struktural dan Pegawai Bapas Makassar.