Jelang Natal dan Tahun Baru, Wakil Bupati Nias Selatan : Waspadai Covid-19 Omicron XBB

NIAS SELATAN – Wakil Bupati Nias Selatan Firman Giawa, SH., MH mengingatkan kepada Camat, Kepala Puskesmas, para Kepala Sekolah serta Kepala Desa supaya mewaspadai Covid-19 varian Omicron subvariant XBB saat arus balik menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Hal ini disampaikan Firman Giawa pada sosialisasi perketatan kepatuhan protokol kesehatan bertempat di Walo Green Hall, Jumat (9/12/2022).

Dalam arahannya, Wakil Bupati Nias Selatan mengatakan, bahwa melalui sosialisasi ini diharapkan kepada peserta agar materi sosialisasi yang telah diterima dari narasumber dapat dilaksanakan di wilayahnya masing-masing.

Ia juga menghimbau masyarakat supaya tetap mamatuhi protokol kesehatan serta diaktifkan kembali posko dipintu masuk perbatasan dan pelabuhan yang ada di Nias Selatan.

Kepala Dinas Kesehatan dr. Henny Kurniawan Duha, MM menyampaikan, Covid-19 varian Omicron subvariant XBB mengalami lonjakan kasus di Singapura dan telah terdeteksi di Indonesia dengan kasus kepada seorang perempuan berumur 29 tahun yang baru kembali dari Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Pasien itu, jelas Kadis Kesehatan, dinyatakan positif pada 26 September 2022 dan telah sembuh tanggal 3 Oktober 2022.

Adapun gejala XBB ini yaitu batuk, pilek, demam dan cepat menular sehingga diharapkan bila ada warga mengalami gejala tersebut supaya segera swab antigen dan tetap patuh pada prokes serta melakukan vaksin.