Ir. Ikhtiar Duha: Koperasi Dapat Menjaga Roda Perekonomian Masyarakat

NIAS SELATAN, ATENSINEWS.COM – Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Selatan Ir. Ikhtiar Duha, M.M mengatakan bahwa koperasi merupakan sokoguru perekonomian karena eksistensinya terbukti bisa menjaga roda perekonomian masyarakat.

Hal itu dikatakannya pada saat menyampaikan sambutan pada pelatihan pendidikan dan perkoperasian bagi koperasi wilayah keanggotaan dalam daerah Kabupaten Nias Selatan, bertempat di Hotel Yonas Teluk Dalam (Senin, 03/04/2023).

“Koperasi merupakan sokoguru perekonomian Negara. Jika dikelola dengan baik maka koperasi dapat menjadi satu organisasi yang melindungi, mensejahterakan, dan menyediakan kebutuhan anggotanya,” terangnya.

Ditambahkannya, pengelola koperasi dapat mengajukan pinjaman ke Bank untuk menambah modal koperasinya. Sedangkan, bagi peminjam agar tidak digunakan untuk keperluan konsumtif.

“Gunakanlah untuk modal usaha, sehingga pengembaliannya dapat berjalan secara rutin,” harapnya.

Sebelumnya, Sekretaris Dinas TKKUKM Venus Zamili, S.Pd selaku Ketua Panitia, dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan pelatihan itu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan mutu pelayanan pengurus, pengawas serta anggota koperasi di wilayah Kabupaten Nias Selatan.

“Sehingga kedepan ilmu dan pengetahuan tentang perkoperasian semakin berkembang dan dapat direalisasikan dalam pelayanan setiap hari,” katanya.

“Sumber anggaran kegiatan ini berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik PK2UMK Tahun 2023,” tambah dia.

Pelatihan yang berlangsung mulai tanggal 3 s/d 6 April 2023, diikuti oleh 52 orang peserta yang berasal dari pelaku koperasi binaan Dinas TKKUKM wilayah keanggotaan dalam daerah Kabupaten Nias Selatan. Sedangkan naarasumber terdiri dari Kepala Dinas TKKUKM Kabupaten Nias Selatan Tandrasökhi Halawa, M.Pd dan Arfan Nao Zamili.