Hadiri Pelantikan Panwascam, Wakil Bupati Rokan Hilir : Panwascam Harus Menjaga Integritas

ATENSINEWS.COM – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Syahyuri secara resmi melantik anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) se Kabupaten Rohil di Gedung Misran Rais, Jalan Utama, Bagansiapiapi.

Pelantikan tersebut dihadiri Wakil Bupati Rohil H. Sulaiman, SS, MH, Sekda Rohil Drs. Ferry Hendra Parya, anggota DPRD Rohil Hermawan, Dandim 0321 Rohil Letkol Inf M. Erfani, SH M.Tr (Han), Kajari Rohil Yuliarni Appy, SH, MH, perwakilan Polres, beberapa kepala OPD serta undangan lainnya, Jumat (28/10/2022).

Ketua Bawaslu Rohil Syahyuri dalam sambutannya mengatakan, beberapa waktu lalu Bawaslu Rokan Hilir membuka pendaftaran penerimaan Panwascam se Kabupaten Rohil. Beliau mengatakan, ada 391 orang yang  mendaftar dan dari 391 orang tersebut ada 16 Kecamatan yang tidak terpenuhi keterwakilan perempuan.

“Sehingga kita kembali membuka pendaftaran. Dari pendaftaran gelombang pertama hingga yang kedua ada 330 orang yang dinyatakan lulus administrasi, ” ujarnya.

Syahyuri melanjutkan, pada tahapan berikutnya yaitu tes Computer Assisted Test (CAT) dan setelah melalui tes tersebut, ada 6 orang setiap Kecamatan yang dinyatakan Bawaslu lulus.

“Kemudian kita lakukan tes wawancara dan terpilih lah 54 orang ini. Dari 54 orang itu ada 8 orang  keterwakilan perempuan,” paparnya.

Kepada seluruh Panwascam yang baru saja dilantik, Syahyuri menyampaikan ucapan selamat bergabung di Bawaslu Rohil dan meminta untuk bekerja secara profesional dan penuh integras.

Bawaslu Rokan Hilir, terang Syahyuri, lebih mengutamakan pencegahan bukan penindakan, dimana setelah pencegahan dilakukan secara maksimal dan masih ditemukan pelanggaran baru diterapkan penindakan.

“Kami ucapkan selamat bergabung di Bawaslu Rohil dan mari kita awasi setiap tahapan ini sesuai ketentuan yang berlaku. Kami meminta ketika kembali ke Kecamatan segera berkoordinasi dengan Upika seperti Polsek, Koramil dan Kecamatan serta tokoh masyarakat,” paparnya.

Usia dilantik, 54 orang Panwascam yang terdiri dari 18 Kecamatan kemudian akan mengikuti Bimtek yang diselenggarakan oleh Bawaslu. Syahyuri juga mengatakan bahwa, adapun tugas-tugas yang akan menanti kedepannya yang pertama adalah verifikasi partai politik yang sekarang berlangsung di KPU tentang keanggotaan partai politik, kemudian terkait daftar pemilih tetap yang akan kita lakukan juga verifikasi di lapangan.

Sementara itu, Wakil Bupati Rokan Hilir dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada Panwascam yang telah dilantik dan meminta agar bekerja secara profesional serta menjaga integritas, “Kami berharap  kepada Panwascam harus menjaga integritas dan bekerja profesional, kunci keberhasilan pemilu 2024 adalah adanya Bawaslu di Indonesia khususnya di Rohil,” sebutnya.

Ia juga meminta Panwascam agar menjaga netralitas pada Pilkada 2024 yang akan datang. “Panwascam yang dilantik ini merupakan orang-orang yang memiliki integritas dalam menjalankan tugasnya,” ungkapnya.