Foeraera Zai Apresiasi Pembangunan Puskesmas di Kecamatan Tuhemberua

NIAS UTARA – Camat Tuhemberua Foeraera Zai S.Pd menyampaikan apresiasi terhadap Pemerintah Kabupaten Nias Utara atas perhatian terhadap peningkatan pembangunan khususnya pembangunan Puskesmas di Kecamatan Tuhemberua. Pembangunan itu merupakan tindaklanjut dari usulan yang disampaikan masyarakat pada tahun sebelumnya.

Hal itu disampaikan Foeraera Zai saat menyampaikan laporan tim pelaksana Musrenbang Kecamatan Tuhemberua yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat, Kamis (19/01/2023).

“Melalui kegiatan Musrenbang dapat dilakukan upaya perencanaan pembangunan yang berkualitas, transparan dan akuntabel sehingga mampu memformulasikan apa yang menjadi program prioritas, sasaran dan target yang akan dicapai untuk kepentingan masyarakat dan sesuai harapan kita bersama,” katanya.

“Jangan pernah berhenti merencanakan pembangunan, teruslah untuk memberikan saran dan masukan yang positif,” tambah Foeraera Zai.

Sementara, dalam arahan Bupati Nias Utara yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Ya’adil Telaumbanua SKM., MKM menyampaikan bahwa tema pembangunan tahun 2024 yaitu percepatan peningkatan pembangunan sumber daya manusia dan penanggulangan kemiskinan melalui penguatan ekonomi masyarakat yang inovatif.

Ditambahkannya, penyusunan dokumen RKPD Kabupaten Nias Utara tahun 2024, berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian Dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah.

“Penyusunan RKPD terdapat beberapa pendekatan aspirasi dari berbagai pihak salah satunya yang implementasinya melalui pelaksanaan Musrenbang Kecamatan yang dilaksanakan ini dan menjadi acuan dalam penyusunan APBD Tahun 2024,” jelas Ya’adil Telaumbanua.

“Untuk itu, penyusunan RKPD dilakukan dengan perencanaan dan penganggaran berbasis pada program prioritas Kabupaten, Provinsi dan Nasional serta memiliki dampak hasil yang nyata bagi masyarakat,” tambah dia.

Selain itu, Ya’adil juga mengatakan, proses pembuatan kebijakan Pemerintah dilaksanakan melalui pendekatan sinergitas dalam kolaborasi antar Perangkat Daerah, baik Pemerintah Kabupaten maupun Pemerintah Desa dan Kecamatan.

“Program dan kegiatan prioritas yang direncanakan pada tahun 2024, harus mampu menyelesaikan permasalahan yang ada serta memastikan pencapaian indikator pembangunan yang kita harapkan bersama dapat tercapai,” cetusnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Utara mengajak seluruh hadirin untuk mendukung dan menyukseskan keberhasilan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Nias Utara, yakni terwujudnya Nias Utara yang maju, sejahtera dan berkeadilan.

“Kepada Camat dan para Kepala Desa untuk tidak mengabaikan seluruh proses maupun tahapan perencanaan pembangunan daerah, baik yang bersifat pertemuan dan terlebih dalam penyusunan dokumen perencanaan yang berkualitas serta disampaikan tepat waktu.,” harapnya.

Pelaksanaan Musrenbang itu dihadiri oleh Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara, Forkopimcam, Koramil Tuhemberua, Kepala Instansi se-Kecamatan Tuhemberua, Kepala Desa, BPD, Kepala Sekolah TK, PAUD, SD, SMP Se-Kecamatan Tuhemberua, Koordinator PPL Pertanian, Pendamping PKH, Pendamping Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan undangan lainnya. (YH)