Danlantamal IX Ambon Tawarkan Atlet Renang Berprestasi Menjadi Prajurit TNI AL

AMBON – Beberapa atlet cabang olahraga renang berprestasi yang ikut berkompetisi di Pekan Olahraga Provinsi Maluku (POPMAL) IV ditawarkan menjadi prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut a(TNI AL).

Tawaran itu disampaikan langsung oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) IX Ambon Brigjen TNI Said Latuconsina.

Said mengaku tertarik dengan penampilan sejumlah atlet muda yang unjuk kemampuan di kolam renang Tirto Sagoro 11 milik Lantamal Ambon.

Said saat menyaksikan nomor 100 meter gaya bebas putra bersama Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun, langsung memanggil perenang asal Maluku Tenggara Harland Rumangun yang meraih medali emas untuk berdialog.

Melihat postur tubuh siswa kelas 1 SMA asal Ohoi (Desa) Ibra, Kecamatan Kei Kecil, Maluku Tenggara, tergolong tinggi dan tegap, Said langsung menawari Harland untuk menjadi anggota TNI AL setelah menamatkan pendidikan SMA.

“Kalau jadi prajurit TNI AL, latihan renang di bawah pengawasan dan pembinaan oleh pelatih dan dapat dilakukan secara kontinu. Selanjutnya bisa menjadi atlet andal dan berkualitas untuk mewakili Maluku di berbagai event renang di masa mendatang,” kata Said di Ambon, Sabtu (19/11).

Said menjamin para atlet berprestasi di berbagai cabang olahraga akan mendapatkan perhatian dan prioritas jika mendaftarkan diri menjadi prajurit TNI AL.

Lebih lanjut Said mengapresiasi perkembangan olahraga renang di Maluku sekaligus bersedia menyediakan kolam renang Tirto Sagoro 1 di kompleks Mako Lantamal Ambon menjadi lokasi latihan atlet di bawah asuhan Pengprov Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) secara rutin.

Cabang olahraga renang POPMAL IV mempertandingkan dua jenis lomba, yakni renang kolam yang melombakan empat nomor, yaitu gaya bebas 50 meter putra-putri serta gaya bebas 100 m putra-putri, dab dua 2 nomor Open Water Swimming (OWS) yang dipertandingkan di Teluk Dalam Ambon, Minggu (20/11).

Pada empat nomor kolam, kontingen Kabupaten Maluku Tenggara menunjukkan ketangguhan dengan menyapu bersih empat medali emas yang diperebutkan.

Medali emas Maluku Tenggara disumbangkan oleh Agata Elmas dari nomor 50 meter gaya bebas putri, Katerina Alatubir di nomor 100m gaya bebas putri, Sedangkan perenang putra Maluku Tenggara Herland Rumangun merebut emas nomor 50m dan 100m gaya bebas putra.

Selain empat emas, kontingen Maluku Tenggara juga mengoleksi dua medali perak dan satu perunggu, sedangkan tuan rumah Kota Ambon harus puas dengan dua medali perak dan tiga perunggu.