Dalam Rangka Deseminasi Informasi Publik, Diskominfo Gunungsitoli Gelar Sosialisasi KIM

ATENSINEWS.COM – Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Gunungsitoli melaksanakan Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), bertempat di Balai Pertemuan Umum Kecamatan Gunungsitoli Utara, Selasa (25/10/2022).

Dalam arahannya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Gunungsitoli yang diwakili oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Nasowanolo Harefa, S.Pd.SD menyampaikan bahwa terkait dengan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, setiap informasi publik bersifat terbuka dan dapat diakses oleh setiap pengguna informasi, kecuali informasi publik yang dikecualikan.

Ditambahkannya, penyelenggaraan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka diseminasi informasi, dapat dicapai dengan membentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

“KIM adalah kelompok yang dibentuk oleh, dari, dan untuk masyarakat yang secara khusus sebagai layanan informasi masyarakat terhadap isu-isu pembangunan sesuai dengan kebutuhannya. KIM dibentuk dengan maksud untuk meningkatkan pengetahuan, serta mendorong berkembangnya motivasi masyarakat dalam berparitipasi aktif dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan,” jelas Nasowanolo.

“Tujuan pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat adalah sebagai wahana masyarakat untuk memperoleh dan menyalurkan informasi dengan sumber informasi yang terpercaya, aktual dan faktual bagi masyarakat,” tambahnya.

Acara sosialisasi ini dihadiri oleh Sekretaris Kecamatan Gunungsitoli Utara Wahdah Muhsin Waruwu, S.E., Kasi Pelayanan Kantor Kecamatan Gunungsitoli Utara, para Kepala Desa se-Kecamatan Gunungsitoli Utara, dan hadirin lainnya.