Bupati Nias Utara Tegaskan Perencanaan Pembangunan Dimulai Dari Desa

NIAS UTARA – Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu S.Pd menegaskan bahwa perencanaan pembangunan harus melalui tahapan yang dilakukan secara berjenjang dimulai dari Desa, Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional.

Hal itu diungkapkan oleh mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara itu saat menghadiri pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2024 yang dilaksanakan di Kecamatan Lahewa Timur, (19/1/2023).

“Tentunya konstruksi yang dibuat di tahun 2024 merupakan acuan bersama termasuk yang diusulkan oleh Kecamatan Lahewa Timur saat ini untuk selanjutnya akan ditransformasikan oleh masing-masing OPD melalui Rencana Kerja,” jelasnya.

“Ini merupakan kesempatan yang baik untuk kita dalam menyampaikan beberapa kondisi yang menjadi harapan kita bersama,” tambah dia.

Selain itu, dia juga mengapresiasi dan mendukung penuh segala kegiatan Musrenbang ditingkat Kecamatan supaya dapat memberikan harapan-harapan yang bisa dimusyawarahkan bersama.

Diakhir arahannya, Bupati Nias Utara memberikan piagam penghargaan berupa sertifikat Kepada Desa Laowowaga sebagai respon terbaik dalam pelaksanaan Musrenbang Desa Tahun 2023 di Kecamatan Lahewa Timur.

Sebelumnya, Camat Lahewa Timur Iman Syukur Zalukhu, SE, dalam laporannya menyampaikan bahwa masing-masing Desa telah melaksanakan Musrenbang tingkat Desa, sehingga semua usulan-usulan kebutuhan pembangunan yang dinilai skala prioritas telah dirangkum.

Sementara, salah satu Anggota DPRD Kabupaten Nias Utara Notefalali Zalukhu menyampaikan bahwa pelaksanaan Musrenbang tersebut merupakan agenda tahunan khususnya di Kabupaten Nias Utara untuk bertemu secara langsung antara warga masyarakat dan juga Pemerintah.

“Dalam membicarakan apa yang sedang dihadapi sehingga terdapat satu keputusan untuk dijadikan sebagai skala prioritas dan yang diusulkan ke level yang lebih tinggi,” jelasnya.

Hadir pada kegiatan tersebut Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Kapolsek Lahewa, Danramil Lahewa, Camat Lahewa Timur, Tokoh Masyarakat, Adat dan Agama, Kepala Desa dan seluruh undangan lainnya. (YH)