Bupati Nias Selatan Dukung Generasi Muda Lestarikan Budaya Leluhur

ATENSINEWS.COM – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022, masyarakat Desa Hilisataro Raya yang didukung oleh masyarakat Desa Hilisataro, Desa Hilisataro Gewa, Desa Hilisataro Nandrisa dan Desa Eho Sofayo menyelenggarakan perlombaan Festival Budaya Desa yang acara pembukaannya berlangsung di Desa Hilisataro Kec. Toma (Rabu, 26/10/2022).

Acara yang di awali dengan penyambutan Bupati Nias Selatan beserta rombongan oleh Sanggar Budaya Hilisataro Raya dan “Fame Afo” yang disertai “famozi aramba” secara resmi dibuka oleh Bupati Nias Selatan.

Ketua Panitia Gedonius Maduwu melaporkan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini selain untuk memeriahkan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun ini, juga untuk mengingatkan kita akan pentingnya nilai budaya yang mulai terlupakan. Harapannya agar generasi muda tetap melestarikan budaya ditengah arus globalisasi modern.

Kades Hilisataro Gewa Wisnu Duha dalam sambutannya menjelaskan spesifik tarian budaya asal Ori Toene pada umumnya. Berharap supaya sanggar budaya yang ada disini didefenitifkan kepengurusannya serta harus berbadan hukum.

Kadis Pariwisata Anggreani Dachi, SP, M.Si mengingatkan masyarakat bahwa budaya itu semakin dibudayakan dan bila dikemas dengan baik maka semakin mensejahterakan sesuai dan searah dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan. Beliau Berharap supaya event ini dapat berkesinambungan dan menjadi kalender tahunan.

Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH, MH dalam arahannya mengucapkan terimakasih kepada generesi muda Kec. Toma yang melestarikan budaya leluhur. Bupati mengajak seluruh lapisan masyarakat bergandengan tangan dan bersatu padu turut serta mensukseskan kegiatan ini.

Pembukaan Festival ini dimeriahkan oleh atraksi Maena dari Desa Hilisataro Raya, Pencak Silat dari Desa Eho Sofayo dan Maena Cilik dari Desa Hilisataro Raya. Penyelenggaraan festival ini berlangsung dari tanggal 26 s.d 28 Oktober 2022 dengan diisi perlombaan yang dibagi dalam 2 kategori yaitu Pemuda dan Cilik.

Turut hadir dalam pembukaan festival ini Forkopimda, kepala OPD, pimpinan/perwakilan Bank BRI dan Bank Sumut, Kepala UPTD Cabdis Provsu, Camat Toma, Kepala Desa, tokoh masyarakat, tokoh adat dan masyarakat setempat.