Bupati Nias Barat Mengukuhkan Pengurus Orahua Niha Raya Ba Nias Barat (ORI)

NIAS BARAT – Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu selaku Penasehat Pengurus Orahua Niha Raya ba Nias Barat (ORI), mengukuhkan Pengurus ORI yang dilaksanakan di Great Go’o Desa Onolimbu Kecamatan Lahomi pada Selasa (28/2/2023).

Selain dihadiri Bupati Nias Barat, pengukuhan Pengurus ORI turut dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Nias Barat Drs. Evolut Zebua, Anggota DPRD Nias Barat Siado Zai, SE., M.M, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Barat Sozisokhi Hia, SH., M.M, beberapa pimpinan OPD, Ketua TP PKK Ny. Erli Tasar Khenoki Waruwu, Ketua DWP Ny. Nurawani Sozisokhi Hia, tokoh masyarakat Faduhusi Daeli dan Sabaeli Gulo serta undangan dan ratusan warga asal Nias Selatan dan kerabat yang berdomisili di Kabupaten Nias Barat.

Kepada pengurus ORI yang baru dilantik, Bupati Nias Barat berharap agar organisasi ORI menjadi wadah pemersatu dan perekat tali persaudaraan antara warga asal Nias Selatan dan seluruh kerabat yang berdomisili di wilayah Kabupaten Nias Barat.

“Kibarkan bendera organisasi ORI di seluruh wilayah Nias Barat, supaya tali persaudaraan, tali persahabatan semakin erat,” ujar Bupati Khenoki Waruwu saat menyerahkan Bendera Pataka kepada Ketua ORI.

Lebih lanjut Bupati Khenoki Waruwu mengatakan bahwa kehadirannya bersama jajaran pemerintah Kabupaten Nias Barat pada pengukuhan pengurus ORI merupakan bukti bahwa keluarga ORI dan seluruh kerabat, diterima sebagai warga Nias Barat.

“Semua keluarga ORI diterima sebagai bagian penduduk Nias Barat,” kata Bupati Nias Barat yang disambut tepuk tangan seluruh keluarga ORI yang hadir.

Bupati Nias Barat  mengapresiasi dan mendukung terbentuknya organisasi ORI di Nias Barat, karena selain mempererat tali persaudaraan dan persahabatan antara keluarga ORI baik dalam suka maupun duka, kehadiran ORI juga bisa ikut mengambil bagian dalam menyukseskan kegiatan pemerintah di Kabupaten Nias Barat.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ketua DPRD Kabupaten Nias Barat Drs. Evolut Zebua. Menurutnya organisasi atau perkumpulan seperti ini akan melahirkan kekerabatan yang semakin erat dan semakin baik di bidang sosial kemasyarakatan dan dapat bersinergi dengan pemerintah untuk memberhasilkan kegiatan pemerintah Nias Barat.

“Kegiatan ini sangat baik, karena melahirkan kekerabatan yang semakin erat dan semakin baik. Organisasi ini juga diharapkan dapat menunjang dan mendukung sepenuhnya program pemerintah daerah,” kata Evolut Zebua.

Sebelumnya, Yusuf Nache, ST., M.M sebagai salah satu penggagas terbentuknya ORI di Nias Barat dalam sambutannya mengatakan bahwa terbentuknya ORI di Nias Barat dilatarbelakangi oleh kerinduan untuk semakin mempererat tali persaudaraan dan kesatuan warga asal Nias Selatan maupun kerabat yang memiliki hubungan kekeluargaan dengan Nias Selatan yang berdomisili di wilayah Kabupaten Nias Barat dan telah memulai kegiatan di bidang sosial dalam suka dan duka sejak akhir tahun 2021.

Adapun pengurus Orahua Niha Raya ba Nias Barat (ORI) yang dikukuhkan oleh Bupati Nias Barat, yaitu:

Ketua I : Setiabudi Halawa

Ketua II : Toloni Halawa

Ketua III : Iwan S. Gaurifa

Sekretaris I : Yuniba Bago

Sekretaris II : Harman Wau

Bendahara I : Karlina Redempta Fau

Bendahara II : Cafilius Duha

Koordinator Kabupaten : Wilnus Laia

Koordinator Kec. Lahomi : Albertus Itolo Daeli

Koordinator Kec. Sirombu : Michael A. Daeli

Koordinator Kec. Moro’o : Takari Gulo

Koordinator Kec. Mandrehe : Febrieli Gulo

Koordinator Kec. Mandrehe Barat : Sonifati Zebua

Koordinator Kec. Mandrehe Utara : Faatulo Lase

Koordinator Kec. Ulu Moro’o : Juliyarman Waruwu

Koordinator Kec. Lolofitu Moi : Oktorianto Elisman Gulo. (YH