Bupati Nias Barat Menghadiri Musrenbang di Kecamatan Lolofitu Moi

NIAS BARAT – Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu hadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Lolofitu Moi dalam rangka Rencana Kegiatan Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Nias Barat Tahun 2024 yang dilaksanakan di Gedung Gereja GPDI Lolofitu, Rabu (15/02/2023)
Camat Lolofitu Moi, Temanaso Gulo, S.Pd dalam laporannya mengatakan bahwa sebelumnya Musrenbang tingkat desa telah terlaksana sejak tanggal 1 – 3 Februari 2023 sehingga pada hari ini Musrenbang Kecamatan dilaksanakan.
“Musrenbang menjadi hal penting untuk membahas dan menyepakati usulan yang menjadi prioritas untuk disampaikan ke tingkat Musrenbang Kabupaten,” tutur camat.
Ia menuturkan bahwa ada beberapa hal penting yang menjadi prioritas untuk diperhatikan oleh Pemerintah Daerah diantaranya, peningkatan ruas jalan yang berpengaruh bagi kegiatan perekonomian masyarakat, ketersediaan air bersih serta pembangunan gedung serba guna Kecamatan Lolofitu Moi.
Sementara itu, mewakili tokoh masyarakat Oneyus Halawa, SE mengatakan bahwa apa yang telah diusulkan dalam Musrenbang Kecamatan menjadi hal yang prioritas untuk diperhatikan oleh Pemerintah Kabupaten Nias Barat.
Wakil Ketua DPRD Nias Barat, Tolosokhi Halawa, S.Pd menuturkan kiranya pelaksanaan Musrenbang ini bukan hanya sekedar seremonial saja namun benar-benar dilakukan dengan penuh sukacita.
“Ini adalah forum pemangku kepentingan untuk menyepakati, melihat, mendengar dan melakukan eksekusi terhadap usulan yang menjadi skala prioritas untuk di bangun,” ucapnya.
Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu dalam arahan dan bimbingannya mengatakan bahwa Musrenbang ini dilaksanakan untuk merumuskan pembangunan dari tingkat desa dan kecamatan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.
“Musrenbang dilaksanakan untuk penajaman, klarifikasi, penyelerasan, dan kesepakatan seluruh usul rencana kegiatan pembangunan desa yang terintergasi dengan prioritas pembangunan daerah di wilayah Kecamatan Lolofitu Moi sehingga tercipta sinergitas dan sinkronisasi pembangunan,” jelas Bupati.
Pada Kesempatan tersebut, Khenoki Waruwu menyampaikan sejumlah pembangunan yang telah tercapai dan sedang dikerjakan. Juga, sejumlah penghargaan telah diterima oleh Pemerintah Kabupaten Nias Barat.
Turut hadir, Anggota DPRD Kabupaten Nias Barat, Khamozaro Halawa, ST., Yarisman Waruwu, Pimpinan OPD, Anggota Polsek Lolofitu Moi, Kepala Desa, Kepala Sekolah dan Rohaniawan dan Lainnya. (YH)