Bulan Bakti Karang Taruna Tahun 2024: Keputusan-keputusan Nasional Diambil di Kabupaten Bandung Barat

Kab. Bandung Barat- Atensinews.com. Karang Taruna Tingkat Provinsi Jawa Barat menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) sekaligus Bulan Bakti Karang Taruna Tingkat Nasional Tahun 2024. Acara tersebut diselanggarakan di Hotel Mason Pine, Kota Baru Parahyangan dari Tanggal 14 sampai 16 Oktober 2024. Kabupaten Bandung Barat (KBB) terpilih sebagai tuan rumah.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Umum Karang Taruna nasional, Didiek Mukrianto S.H., M.H., dan Ketua Karang Taruna Jawa Barat Ahmad Taufik S.Pdi., M.M., yang di dampingi langsung oleh ketua Karang Taruna Kabupaten Bandung Barat (KBB) Ujang Rohman.

Disela-sela Rakernas tersebut, Ujang Rohman atau yang selalu di sapa Kang Ujro selaku ketua karang taruna KBB dalam agendanya juga mengunjungi desa Kerta Jaya untuk memberikan santunan kepada anak yatim piatu dan panti jompo serta beberapa kegiatan seperti Sepak Bola antar Kabupaten, yang acara tersebut digelar dilapangan Pusdikav Padalarang dan beberapa kegiatan yang lainya.

Kang Ujro mengatakan, kegiatan tersebut merupakan pusat informasi penting dibandingkan dengan kabupaten dan kota lain di seluruh Indonesia

“Keputusan-keputusan nasional yang diambil di Kabupaten Bandung Barat menunjukkan bahwa wilayah ini menjadi pusat informasi penting dibandingkan dengan kabupaten dan kota lain di seluruh Indonesia. Sebagai Ketua Karang Taruna Bandung Barat, saya melihat momentum ini sebagai kebanggaan tersendiri, apalagi dengan pelaksanaan rangkaian kegiatan dalam rangka Bulan Bakti Karang Taruna tingkat nasional,”ungkap kang Ujro.

“Rekrutmen ini, lanjut dia, bertepatan dengan Bulan Bakti Karang Taruna, dan terdapat lima kegiatan utama yang dilaksanakan bersama Karang Taruna Jawa Barat dan nasional, di antaranya, kegiatan peningkatan kapasitas calon pengurus atau pengurus Karang Taruna yang dibagi menjadi dua sesi, antara lain, pelatihan untuk Sakti sekata pengurus di tingkat Jawa Barat dan Kabupaten Bandung Barat, yang dilaksanakan pada 13 hingga 16 Oktober,”tambahnya

Kegiatan kedua adalah “Magnet Rejeki”, yang ditujukan bagi seluruh pengurus se-Jawa Barat, yang tujuannya adalah agar pengurus lebih memahami peran dan fungsi sosial mereka yang menjadi tugas pokok utama,”tambahnya kembali

“Selanjutnya, ada kegiatan rekreatif yang meliputi dua acara besar, seperti perlombaan Sepak Bola, yang melibatkan pengurus Karang Taruna se-jawa barat dan nasional, serta pagelaran wayang golek, yang diadakan di Desa Cikande, dilengkapi dengan hiburan rakyat di Pusdikkav,”

“Dan alhamdulillah hari ini saya mendapatkan Penghargaan sebagai tokoh Pemuda yang peduli terhadap karang taruna, dan alhamdulillah ini adalah anugrah dari hasil kerja keras yang selama ini saya lakukan untuk melakukan pembinaan karang taruna di kabupaten Bandung barat.”Pungkasnya

Kegiatan bakti sosial tersebut juga menjadi bagian penting dari agenda ini, meliputi santunan untuk 100 anak yatim, bantuan untuk 100 lansia, serta rehabilitas tiga masjid di sekitar Saguling dan Padalarang. Selain itu, ada pemberian 1.000 Al-Quran kepada masjid-masjid di wilayah tersebut.

Pewarta: Didin