Bertemu Polish Border Guard Polandia, Kepala Bakamla RI Negosiasikan Potensi Kerjasama

ATENSINEWS.COM – Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia bertemu dengan wakil komandan Penjaga Perbatasan Polandia Brigjen Grzegorz NIEMIEC dalam kesempatan bilateral meeting pada kegiatan International Border Police Conference (IBPC) 2022 di warsawa polandia, Sabtu (29/10/2022).

Dalam kesempatan yang baik itu, Kepala Bakamla RI menyampaikan maksud dan tujuan pertemuan adalah untuk melihat potensi kerjasama antara Bakamla dan Polish Border Guard.

“Kerjasama ektra regional merupakan keniscayaan dalam era globalisasi di masa kini” kata Laksdya TNI Dr.Aan Kurnia.

Brigjen Niemiec membenarkan dan mengatakan lembaganya tidak pernah menutup diri untuk kerjasama. Ia juga memberikan gambaran tentang lembaga Polish Border Guard dan sangat mengapresiasi rencana kerjasama di tahun mendatang.

“Kita perlu menindaklanjuti rencana kerjasama di tahun depan” pungkas Brigjen Niemiec.

Polish Border Guard adalah lembaga dibawah kementerian dalam negeri yang berseragam dan bersenjata, yang bertanggungjawab dalam mengamankan perbatasan dari beragam kejahatan lintas batas.

Dalam pelaksanaan tugasnya, Polish Border Guard diperlengkapi dengan aset darat, laut dan udara.

Bakamla RI sebagaimana diamanatkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2022 memiliki peran sebagai representasi pengamanan perbatasan laut, sekaligus menjadi point of contact dengan agensi sejenis dari seluruh dunia. Oleh sebab itu, peningkatan kerjasama merupakan wujud dari peran Bakamla sebagai upaya untuk membangun kesepahaman, komitmen dan kapasitas untuk bekerjasama.