Bertemu Menteri Angkatan Bersenjata Prancis, Prabowo Bahas Kerja Sama Pertahanan Hingga Modernisasi Alutsista

PARIS – Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto melaksanakan pertemuan dengan Menteri Angkatan Bersenjata Republik Prancis YM Sébastien Lecornu dalam rangkaian lawatannya ke Eropa di Paris, Prancis, Kamis (15/12).

Dalam pertemuan ini dibahas mengenai kerja sama pertahanan kedua negara termasuk di bidang pendidikan dan pelatihan, perkembangan terbaru kerja sama Kawasan Indo-Pasifik, isu-isu keamanan dan geopolitik kawasan, ASEAN, serta modernisasi alutsista TNI.

Menurut Menhan Prabowo, Indonesia dan Prancis telah menjalin kerja sama pertahanan yang kuat, khususnya di bidang alutsista. Dalam pertemuan ini Menhan Prabowo mengharapkan akan ada inisiatif dan langkah-langkah baru dari kedua pemerintah demi kesinambungan kerjasama pertahanan yang saling menguntungkan dalam waktu dekat.

Menhan Prabowo berterimakasih atas sambutan hangat Menteri Sébastien Lecornu dan atas kunjungannya ke Indonesia pada 25 November lalu. Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Menhan Prabowo kepada Menteri Angkatan Bersenjata Republik Prancis YM Sébastien Lecornu yang telah berperan penting dan aktif dalam menyukseskan hubungan bilateral kedua negara. Dalam kesempatan tersebut Menhan Prabowo juga mengucapkan selamat atas kepresidenan Republik Perancis untuk Uni Eropa.

Dalam pertemuan ini Menhan Prabowo menyampaikan keyakinan bahwa kerja sama pertahanan Indonesia dan Prancis turut mempromosikan kerja sama yang terbuka dan inklusif guna terwujudnya stabilitas keamanan regional, khususnya di Indo-Pasifik. “Saya yakin bahwa kita akan terus mencapai stabilitas global dan regional, termasuk dalam mempromosikan kerja sama yang terbuka dan inklusif di Indo-Pasifik,” tegas Menhan Prabowo.