Bahas Isu Kejahatan Transnasional, Polri Gelar Pertemuan Dengan Negera Asean

JAKARTA, ATENSINEWS.COM Untuk membahas seputar isu kejahatan transnasional di kawasan ASEAN, Divisi Hubungan Internasional Polri menyelenggarakan pertemuan perdana ASEAN Senior Official Meeting on Transnational Crime (SOMTC) Working Group on General Transnational Crime Matters (WG on GTCM) di RA Suites Hotel Jakarta, Senin (20/3/2023).

Dalam paparannya, Kabareskrim Komjen Agus Andrianto berharap pertemuan itu dapat memperkuat kerja sama antarnegara ASEAN untuk menghadapi tantangan kejahatan transnasional.

“Semoga pertemuan ini dapat memperkokoh kerja sama kita kembali menghadapi kejahatan transnasional,” katanya.

“Dalam pandangan saya, pembentukan dari kelompok kerja ini datang pada waktu yang tepat, dimana dinamika dan tantangan dunia saat ini, terutama sebagai respons untuk memerangi kejahatan transnasional di wilayah kita pascapandemi COVID-19,” tambah Agus.

Kabareskrim juga menyebutkan adanya tren kejahatan baru yang bermunculan. Dia berharap delegasi yang hadir dapat bekerjasama untuk mengatasi fenomena tersebut.

“Seperti yang telah kita alami, ada tren kejahatan baru yang dapat dipandang berbeda oleh masing-masing negara anggota ASEAN,” tuturnya.

“Saya berharap semua delegasi dapat berkontribusi secara aktif untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Kita bisa menangani kejahatan transnasional di wilayah kita,” sambungnya.

Sebagai informasi, pertemuan ini dilangsungkan secara hybrid, dengan mayoritas delegasi hadir secara fisik. Pertemuan dihadiri perwakilan SOMTC dari 10 negara ASEAN. WG on GTCM merupakan kelompok kerja baru di bawah mekanisme ASEAN, yang pembentukannya oleh negara anggota ASEAN pada 2022. Kelompok kerja ini dibentuk untuk membahas isu-isu kejahatan transnasional.