Apresiasi Pembentukan Forum UMKM, Bupati Simalungun : UMKM Penyumbang Serapan Tenaga Kerja

SIMALUNGUN – Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga mengatakan UMKM merupakan salah satu penyumbang serapan tenaga kerja. Ia meminta kepada Forum UMKM untuk membuat kerjasama agar nantinya ada badan hukumnya.

Hal itu disampaikan Bupati saat menerima Forum Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Rakyat Sejahtera di Rumah Dinas Wakil Bupati Simalungun Jln. Suri-suri Pamatang Simalungun Kecamatan Siantar, Sumut, Senin (21/11/2022).

“Tidak ada alasan saya tidak mendukung para UMKM Simalungun. Karena kami ini sudah habis-habisan untuk mendukung dan membuat konsep agar UMKM itu tidak sekedar kegiatan seremonial, akan tetapi harus dapat meningkatkan UMKM yang ada di kabupaten Simalungun,” ujarnya.

Dia juga menyinggung kalau kualitas produk itu tidak hanya di harga saja atau daya jualnya, akan tetapi juga harus melihat kualitas produk tersebut, seperti label halalnya, kemasannya, kualitas produknya dan sebagainya.

“Jadi kalau saya, sangat berterimakasih kepada forum UMKM Rakyat Sejahtera yang telah memberikan hatinya untuk kepentingan orang lain. Ternyata masih banyak yang sepaham dengan saya terkait pengembangan UMKM,” ucap Bupati.

Disampaikannya, bahwa dirinya sudah berkomunikasi dengan kementerian PUPR agar nantinya di rest area jalan tol itu menjual dan memperkenalkan produk asli Kabupaten Simalungun.

“Marilah kedepannya kita bersama-sama memperkenalkan produk UMKM Simalungun agar nantinya produk kita lebih di kenal secara meluas. Tidak hanya itu saja, produk kita juga sangat mencukupi,” tandas dia.

Untuk itu, Bupati mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mendukung program UMKM Simalungun, memperkenalkan produk UMKM Simalungun secara meluas. “Saya mengapresiasi karena masih ada yang sejalan untuk kemajuan UMKM Simalungun,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, ketua Forum UMKM Rakyat Sejahtera Simalungun Birma Saragih mengharapkan agar Bupati Simalungun memberikan dukungan untuk kemajuan UMKM Simalungun dan demi mendukung program-program Kabupaten Simalungun.

“Kami berharap Simalungun harus lebih dari daerah lain. Kami juga berharap, adanya dukungan dari bapak Bupati untuk meningkatkan giat UMKM dan adanya sarana prasarana untuk para pegiat UMKM yang ada di kabupaten Simalungun,” harap Birma.