Angkut 167 Penumpang dan 10 Crew, Kapal Feri Cantika Lestari Terbakar di Kupang NTT

ATENSINEWS.COM – Kapal feri cepat Cantika Lestari saat berlayar dari Kupang tujuan Kalabahi terbakar di perairan Naikliu, Kecamatan Amfoang Utara, Kabupaten Kupang, NTT, Senin (24/10/2022). Kapal feri cepat tersebut mengangkut 167 orang dan 10 crew kapal.

Kepala Kantor SAR Kupang, I Putu Sudayana mengatakan pihaknya menerima laporan pada pukul 13.30 Wita. Pihaknya langsung memberangkatkan Rigid Inflatable Boat (RIB) 10 Kupang dengan kecepatan 30 knot dan saat ini masih dalam proses evakuasi para korban.

“Kami dapatkan dari RIB itu ada 20-an korban yang dievakuasi dan sudah menjauh dari lokasi kebakaran. Di antaranya ada 4 anak kecil, 6 orang dewasa dan banyak lagi yang ditarik dengan dilemparkan ring boi, jadi mereka berpegang semua,” paparnya, Senin (24/10/2022).

Dalam proses evakuasi, Tim SAR Kupang dibantu oleh Danlantamal VII Kupang dengan memberangkatkan sebuah siregar kemudian dari pihak perusahaan Cantika juga mengarahkan satu buah speed boat menuju ke lokasi. Nelayan setempat juga turut membantu evakuasi para korban.

“Ada nelayan yang kami hubungi di sana, sehingga membantu evakuasi menggunakan perahu. Mereka cukup membantu kami,” ujarnya.

SAR Kupang belum memastikan adanya korban jiwa maupun luka-luka karena tim di lapangan sementara dalam proses pendataan. Tim melalui transportasi darat sudah diberangkatkan dengan sebuah truk membawa beberapa speedboat dengan tugas membantu dalam proses evakuasi.

Ada 7 personil gabungan dari SAR Kupang, TNI Angkatan Laut, Polair, KSOP. Di Atas kapal berjumlah 20 personil.